Berita

    6 Cara Mengusir Tikus Didalam Mobil Yang Ampuh & Mudah

    Ketika di kap mobil Anda terdapat kotoran tikus yang berceceran dan muncul aroma tak sedap khas bau tikus saat membuka kap mesin mobil, itu tandanya binatang pengerat ini sudah terlanjur masuk ke kap mesin mobil Anda. 

    Namun jangan cemas, ada banyak cara untuk mengusir tikus di mobil yang simpel namun ampuh. Berikut ulasannya. 

    Tips Mengusir Tikus Di Mobil yang Ampuh 

    Tikus yang terlanjur masuk ke ruang mesin mobil memang sangat mengganggu. Selain meninggalkan kotoran dan menimbulkan bau yang menyengat, hewan yang satu ini juga bisa mengakibatkan gangguan kelistrikan pada mobil. 

    Pasalnya, tikus cenderung menggigit kabel dan komponen penting yang ada pada mobil sehingga mogok. Untuk mengatasi gangguan tikus yang menyebalkan ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah: 

            1. Hindari Parkir di Semak-semak atau Dekat Selokan

    Cara pertama agar mobil tidak dimasuki tikus adalah dengan tidak memarkirnya di sembarang tempat seperti selokan dan semak-semak. Pasalnya, kedua tempat tersebut kerap jadi tempat persembunyian tikus. 

            2. Rutin Panaskan Mesin Mobil

    Cara mengusir tikus di mobil yang kedua adalah dengan memanaskan mobil secara rutin. Tidak perlu lama, cukup sekitar 3-5 menit saja agar area mesin mobil tidak lembab sehingga menjadi sarang tikus. 

    Dengan menerapkan cara yang satu ini, mesin mobil Anda tidak saja menjadi optimal, namun sekaligus bisa membuat tikus malas untuk bersarang di kap mobil Anda. 

            3. Jaga Kebersihan Ruang Mesin

    Hewan pengerat sangat menyukai lingkungan yang kotor. Itu sebabnya, cara paling ampuh untuk mencegah sekaligus mengusir tikus di mobil adalah dengan memastikan kebersihan mobil itu sendiri dari sisa makanan. 

    Apabila ada yang sudah terlanjur masuk, sebaiknya segera bersihkan kap mesin dari semua kotoran dan bau dari hewan pengerat ini. 

    Sebab, aroma dan kotoran yang tersisa tersebut bisa mengundang tikus lain untuk datang dan ikut bersembunyi di dalam kap mobil.   

            4. Sebar Aroma yang Tidak Disukai Tikus 

    Cara ampuh lainnya yang bisa mengusir tikus di mobil adalah dengan memberi aroma yang tidak disukai oleh tikus. Anda bisa membeli cairan spray anti tikus yang banyak dijual di toko perlengkapan otomotif dan toko pembasmi hama.