Berita

    Kenali Compound Mobil: Fungsi dan Cara Menggunakannya Secara Benar

    Compound atau kompon mobil tentu akrab di telinga para pemilik kendaraan baik mobil maupun motor. Bahan ini sangat diperlukan dan dicari ketika cat mobil Anda mengalami goresan karena bersenggolan di jalan, atau hal lain yang membuat cat mobil tidak lagi kinclong karena baret atau tergores. Compound untuk cat mobil menjadi pilihan yang paling rasional untuk mengembalikan cat yang tergores, atau luka karena harganya yang murah dan aplikasinya yang sederhana dan tidak memakan waktu yang lama. Cat yang tergores tinggal di compound dengan benar maka cat mobil Anda akan kembali clean.

    Compound merupakan jenis bahan berbentuk krim padat, tergantung jenisnya. Sifatnya abrasif dan digunakan untuk memoles mobil saat pengecatan. Compound juga disebut sebagai bahan poles yang mampu menyamarkan baret atau goresan halus pada cat mobil. Selain itu, bahan ini biasa digunakan untuk menghaluskan lapisan cat yang kasar, setelah proses pengecatan mobil. Ia juga memiliki kelebihan yakni menyamarkan goresan atau lecet pada cat mobil.

    Jenis - Jenis Compound Pada Mobil

     1. Compound Merah

    Compound merah biasanya dipakai setelah pengecatan mobil dilakukan. Kompon ini punya daya kikis yang paling kuat diantara komponen yang ada, sehingga bagi mereka yang tidak memiliki keahlian dalam menggunakan kompon, disarankan tidak memakai kompon jenis ini, pada saat perawatan cat. Daya kikisnya yang keras juga membuat banyak tukang cat yang tidak menggunakan Compound merah. Meskipun demikian, ia sangat efisien menghilangkan baret pada kaca. Namun pengapkisiannya harus menggunakan mesin poles.

     2. Compound Putih

    Tipe Compound ini kerap digunakan untuk memoles cat mobil. Padahal ia juga memiliki daya kikis yang tidak jauh berbeda dengan compound merah, Mengaplikasikannya dalam perawatan cat adalah hal yang fatal. Meskipun demikian banyak orang yang menggunakannya. Para expert menyarankan agar lebih baik menghilangkan baret mobil memakai compound halus daripada menggunakan compound putih. Bila compound halus tidak maksimal baru memakai compound putih.

    3. Compound Halus

    Compound halus dianggap ramah dengan cat mobil. Jenis compound ini, direferensikan untuk dipakai di permukaan cat mobil yang baret atau tergores karena terserempet. Walaupun cocok untuk perawatan cat mobil yang lecet, ia juga memiliki daya kikis yang cukup kuat, sehingga pengaplikasinnya harus benar-benar oleh mereka yang berpengalaman.

    4. Compound Cair

    Compound jenis ini biasanya paling aman bagi perawatan cat mobil. Beberapa salon mobil membuatnya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan, dengan bekal meracik chemical sendiri, sehingga aman untuk perawatan mobil. Compound ini, biasanya tidak dijual ditoko. Hanya bisa didapatkan pada salon-salon mobil tertentu saat melakukan treatment pada cat mobil Anda. Materi dan campuran yang digunakan untuk membuatnya tidak memakai chemical yang keras, sehingga daya kikisnya sangat lemah.