Berita

    Ketahui Apa itu ABS? Simak Penjelasan Lengkap Tentang ABS Sekarang

    Dengan adanya perkembangan teknologi, ada berbagai macam kemudahan dan kenyamanan yang diberikan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, termasuk diantaranya di bidang otomotif. Salah satu perkembangan teknologi terbaru adalah rem ABS mobil. 

    Rem ABS diketahui dapat menunjang keselamatan pengendara. Teknologi ini dulunya memang digunakan untuk ajang balap kendaraan. Bahkan pernah digunakan pada balap mobil F1 karena keamanan dan sejumlah kelebihan yang dimilikinya. 

    Lantas, seperti apa rem ABS ini? mengapa banyak pabrikan kendaraan yang menggunakannya? 

    Pengertian Rem ABS Mobil

    Anti-lock Braking System atau yang disingkat dengan ABS merupakan teknologi sistem rem. ABS ini memiliki fungsi agar dapat menghindari penguncian roda saat pengereman dilakukan mendadak. Sistem ini juga muncul disebabkan karena adanya kekurangan di pengereman konvensional (cakram).

    Seperti yang kita ketahui, rem jenis konvensional seperti cakram atau tromol sering mengalami masalah karena banyaknya kotoran yang dapat mengganggu fungsinya, sehingga sering tidak efektif untuk menghambat laju kendaraan. 

    Bukan hanya itu, rem cakram juga mempunyai sistem sehingga langsung menghentikan putaran roda ketika laju kendaraan sedang sangat tinggi. Oleh sebab itu kecelakaan seperti kendaraan tergelincir di jalanan yang basah sering terjadi. 

    Padahal, rem ABS mobil tidak akan langsung menghentikan roda ketika diinjak. Sistem anti kunci di rem ABS membuatnya tidak langsung mengunci serta mengatur putaran. Oleh sebab itu, kendaraan yang menggunakan rem ABS dapat dikurangi kecepatannya dengan teratur, sebelum dapat berhenti secara sempurna. 

    Dapat dikatakan, sistem ABS sangat baik agar dapat terhindar dari kecelakaan karena bisa menghentikan laju kendaraan, bahkan ketika dilakukan pengereman secara mendadak. 

    Fungsi Rem ABS Mobil

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rem ABS ini memiliki fungsi utama untuk meningkatkan faktor keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan. Sistem pengereman ABS akan membantu pengemudi saat berada dalam keadaan darurat dan traksi aman pada ban kendaraan. 

    Fungsi lain dari ABS adalah membantu pengemudi mengontrol kendaraannya yang dapat terjadi di jalanan. Contohnya saat hujan dan jalanan menjadi lici dan basah. Tentu akan lebih sulit untuk berhenti sempurna serta rawan tergelincir. Ketika berada dalam situasi tersebut, rem ABS sangat pas dijadikan pilihan.