Berita

    Servis Mobil: Macam Jenis Servis dan Biayanya

    Jika performa mobil mulai terasa tidak normal, itu tandanya Anda perlu melakukan servis mobil. Agar kondisi mobil selalu prima, servis rutin memang harus selalu dilakukan secara berkala.

    Apabila tidak diservis secara terjadwal, mobil akan lebih rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis servis kendaraan yang biasa dilakukan.

    Jenis-jenis Servis Mobil dan Estimasi Biayanya

    Lalu, apa saja jenis servis di bengkel yang perlu diketahui setiap pemilik mobil? Agar tidak bingung, simak informasi lengkapnya berikut ini.

    • Servis Berkala

    Servis berkala adalah perawatan yang harus dilakukan secara rutin dengan jadwal tertentu di bengkel resmi sesuai merek kendaraan. Jadwal servis telah tertera pada buku servis. Tanpa buku ini, fasilitas garansi mobil dan servis gratis bisa hilang.

    Biaya servis berkala gratis, namun perawatan di luar paket akan dikenai biaya tambahan. Selain berdasarkan waktu dari jadwal pada buku servis, servis berkala juga ditentukan oleh jarak tempuh mobil. Berikut jenis-jenisnya:

    • Servis berkala 1.000 km ‒ Pengecekan oli (mesin, transmisi, brake fluid/rem, kopling, power steering), air radiator, sistem kemudi, tekanan angin, filter udara, idle mesin, dan baut roda.
    • Servis berkala 5.000 km ‒ Pengecekan sistem steering serta penggantian kampas rem, filter oli, oli, dan cairan lainnya.
    • Servis berkala 10.000 km ‒ Pembersihan dan pengecekan oli (mesin, transmisi, brake fluid/rem, kopling, power steering), air radiator, aki, sistem kemudi, tekanan angin, filter udara, idle mesin, dan baut roda.
    • Servis berkala 15.000 km ‒ Pengecekan baut kolong mobil, air radiator, suspensi, fluida, dan penggantian oli mesin.
    • Servis berkala 20.000 km ‒ Pengecekan rem, klep, rotasi ban menyilang, balancing, spooring, kalibrasi idle mesin, serta penggantian saringan udara, filter AC, dan busi.

     

    • Servis Besar

    Servis besar sebenarnya merupakan bagian dari servis mobil berkala yang bertujuan agar kondisi mobil selalu prima. Bedanya, servis besar ditujukan untuk servis berkala pada setiap kelipatan 10.000 km.

    Adapun layanannya meliputi penggantian semua fluida baik itu oli maupun cairan lain, dan pengecekan seluruh sistem kendaraan. Besaran biayanya berbeda, dan biasanya tergantung pada merek mobil yang diservis.

    • Servis Tune Up