Berita

    Simak Fungsi Hand Grip Mobil & Cara Menggunakannya

    Beberapa perlengkapan yang ada pada bagian interior mobil sangat bermanfaat untuk keselamatan pengemudi maupun penumpang. Sebut saja salah satunya hand grip mobil yang berada di kanan atau kiri atas bagian dalam mobil.

    Hand grip sendiri umumnya terbuat dari bahan plastik yang didesain melengkung. Ingin tahu apa fungsinya? Berikut sudah kami rangkum berbagai hal yang perlu Anda ketahui terkait komponen tersebut.

    Apa Itu Hand Grip Mobil?

    Komponen ini menggantung di bagian sisi kiri maupun kanan sebuah mobil. Dibuat kokoh dan terbuat dari plastik yang nyaman untuk digenggam. Kebanyakan mobil umumnya memiliki komponen yang satu ini.

    Komponen ini didesain khusus agar tangan kita mudah untuk menggenggamnya. Selain itu hampir di setiap sisi mobil, baik kiri maupun kanan, dari jok depan hingga belakang umumnya terdapat komponen ini.

    Apa Fungsi Hand Grip Pada Mobil?

    Meskipun terkesan biasa saja, namun ternyata komponen ini punya fungsi untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut kami sudah merangkum apa saja fungsi-fungsi dari komponen tersebut.

            1. Menahan Posisi Duduk

    Fungsi yang pertama dari komponen ini yaitu untuk menjaga posisi tubuh pada saat berkendara. Berpegangan pada hand grip mobil akan membantu Anda untuk bisa menahan posisi duduk.

    Contohnya pada saat mobil melewati jalan yang rusak, maka akan terjadi guncangan pada mobil. Pengendara bisa langsung memegang handgrip untuk menjaga posisi duduk dari guncangan.

    Namun meski sudah berpegangan pada hand grip, pengemudi maupun penumpang tetap wajib menggunakan sabuk pengaman. Dengan begitu keselamatan pengendara pun menjadi lebih optimal.

    Selain itu, penggunaannya juga tidak diperbolehkan untuk pengemudi karena kedua tangan harus selalu diletakan pada setir mobil. Itulah kenapa, beberapa jenis mobil tidak melengkapi hand grip di bagian pengemudi.

            2. Memudahkan Saat Keluar Masuk Mobil

    Fungsi hand grip pada mobil juga bisa Anda gunakan untuk memudahkan pada saat keluar masuk mobil. Anda bisa menggunakan pegangan ini untuk membantu masuk maupun keluar kendaraan. Terutama untuk mobil-mobil yang memiliki ukuran sedikit lebih tinggi.

    Pada saat turun, hand grip juga bisa digunakan untuk membantu tubuh agar tetap stabil. Pegangan ini juga akan membantu Anda agar tidak terjatuh pada saat turun. Di sisi lain, desainnya dibuat kokoh dan juga kuat sehingga bisa diandalkan sebagai pegangan.

    Apakah Semua Mobil Memiliki Hand Grip?