Berita

    Simak Perbedaan Ban Mobil AT & MT

    Ada dua jenis ban mobil yang biasa digunakan yaitu AT dan MT. Ban mobil AT (All Terrain) dan MT (Mud Terrain) tentu saja memiliki perbedaan mendasar. Mari cari tahu lebih jauh apa saja perbedaan dari dua tipe ban ini. 

    Apa Itu Ban Mobil AT? 

    Mari cari tahu dulu apa sebenarnya ban AT ini. Telah disebutkan sebelumnya bahwa AT adalah kependekan dari All Terrain. Sesuai dengan namanya tersebut, ban ini adalah jenis ban yang sanggup melintas di berbagai tipe medan jalan. 

    Jadi bisa dikatakan bahwa ban AT bagus untuk dipakai melintas off-road maupun on-road. Itulah mengapa ban AT direkomendasikan untuk jenis mobil SUV yang memang biasa digunakan untuk melintas di jalanan biasa maupun jalanan medan sulit sekalipun. 

    Tipe ban seperti ini memiliki profil tapak yang sangat kasar dan terlihat sangat berjarak. Profil tapak inilah yang membuat pengguna SUV jadi lebih leluasa untuk mengemudi baik itu di jalanan aspal maupun medan yang sulit dan terjal. 

    Sesuai dengan sifat dan profilnya ini, maka ban mobil AT sangat direkomendasikan untuk pengguna mobil yang biasa melewati jalan aspal maupun medan berbatu dan berlumpur. Jadi kembali lagi kepada kebutuhan dan kebiasaan masing-masing pengemudi. 

    Namun perlu dipahami bahwa jenis ban ini bukan berarti sangat aman untuk digunakan. Meskipun cocok di berbagai medan, namun ban AT juga bisa membahayakan. Berhati-hatilah karena grip pada jenis ban ini memiliki risiko tinggi mengalami selip. 

    Perbandingan dengan Ban Mobil MT

    Setelah memahami apa itu ban AT maka kini waktunya untuk mencari tahu tentang ban MT. MT sendiri adalah kependekan dari Mud Terrain. Sesuai namanya, jenis ban ini hanya digunakan untuk mobil yang melintasi medan berat dan berlumpur. 

    Ban ini biasanya digunakan pada mobil-mobil yang beroperasi di area pertambangan dan perkebunan. Profil tapak ban ini jauh lebih kasar dan besar dibandingkan ban tipe AT. Tread block dari ban ini juga lebih ke dalam supaya memiliki traksi di jalan ekstrem. 

    Lalu, apakah jenis ban ini masih bisa dipakai pada mobil yang melaju di jalanan aspal? Jawaban dari pertanyaan ini adalah tidak. Ban MT tidak bisa digunakan untuk mobil yang biasa digunakan di jalan biasa atau aspal karena alasan keamanan.

    Tapak yang terlalu kasar membuat ban mobil MT tidak bisa menempel di permukaan aspal secara optimal. Jika dipaksakan berjalan di jalanan aspal maka akan berbahaya karena traksi ban jadi sangat minim, apalagi saat jalanan basah sehabis hujan.