Berita

    Jangan Abai! Ciri-ciri Ban Mobil Harus Diganti

    Ban mobil adalah salah satu komponen penting yang seringkali terlupakan oleh banyak pemilik kendaraan. Padahal, ban kendaraan yang kondisinya baik dan terawat merupakan faktor kunci untuk menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya.

    Kebanyakan orang hanya mengganti ban mereka ketika mengalami masalah seperti ban kempes atau meletus di tengah perjalanan. Padahal dengan memperhatikan ciri-ciri tertentu, Anda bisa mengganti ban kendaraan tanpa harus mengalami berbagai masalah tersebut.

    Mengapa Ban Mobil Perlu Diganti?

    Sebelum membahas ciri-ciri yang mengindikasikan bahwa ban Anda harus diganti, sebaiknya ketahui mengapa ban adalah komponen penting yang perlu dirawat dan diganti secara rutin. Sebab, ban adalah satu-satunya titik kontak antara kendaraan Anda dan permukaan jalan.

    Komponen ini tidak hanya bertanggung jawab atas traksi dan kenyamanan berkendara, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga kendaraan tetap stabil saat berbelok atau berhenti mendadak. Jadi, ban yang baik akan menunjang pengalaman berkendara maksimal.

    Ini Ciri-ciri Ban Anda Perlu Diganti

    Mengenali tanda-tanda untuk mengganti ban adalah langkah penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Mulai dari jarak tempuh, usia ban, hingga berbagai faktor lain, ini dia rincian lengkapnya:

    • Jarak Tempuh Ban Sudah Lebih dari 40.000 km

    Pertama-tama, jarak tempuh adalah faktor penting dalam menentukan kapan ban perlu diganti. Ban yang telah menempuh jarak signifikan, seperti 40.000 km atau lebih, akan lebih cepat aus dan perlu diganti karena daya cengkramnya sudah berkurang.

    • Usia Pakai Ban Sudah Lebih dari 3 Tahun

    Umumnya, para produsen ban merekomendasikan untuk ganti ban setiap 3 – 6 tahun, bergantung pada faktor tertentu seperti bahan, kondisi penggunaan, dan iklim. Ini karena ban yang telah melewati durasi tersebut memiliki risiko kerusakan lebih tinggi.

    Freepik
    • Ketebalan Tapak Sudah Mencapai Batas TWI

    Tapak ban memiliki indikator yang disebut Tread Wear Indicator (TWI), yang berupa tanda atau alur pada tapak ban. Fungsi utama TWI adalah memberikan petunjuk visual tentang ketebalan sisa tapak ban.

    Apabila ketebalan tapak ban sudah sampai ke batas TWI, ini artinya ban mobil Anda sudah terlalu aus dan perlu segera diganti dengan yang baru. Sebab ini artinya ban tersebut sudah kehilangan kemampuannya untuk memberikan traksi yang baik.

    • Ban Tampak Gundul