Berita

    Hal yang Perlu Dicek sebelum Servis Mobil

    Servis mobil secara rutin memang sangat penting untuk dilakukan. Rutinitas ini akan membantu Anda merawat mobil secara optimal. Nantinya Anda bisa terhindar dari kerusakan mobil yang parah dan biaya perbaikan yang terlalu besar. 

    Namun sebelum melakukan servis mobil, pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dibutuhkan agar Anda paham apa saja yang harus diberi perhatian ketika servis nanti. 

    Hal yang Harus Diperiksa sebelum Servis Mobil

    Rutinitas servis ini sebenarnya sangat mudah untuk Anda terapkan. Anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel resmi agar proses servis lebih optimal. Tinggal ikuti saja jadwal servis yang dimiliki oleh mobil Anda. 

    Pemeriksaan sebelum servis juga bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan perawatan mobil nantinya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk diperiksa sebelum servis mobil. 

    • Jadwal Servis

    Hal pertama yang harus diperiksa adalah jadwal servis. Tentunya sangat penting untuk mengikuti jadwal servis sesuai ketentuan. Hal ini diperlukan agar Anda tahu kapan sebenarnya waktu terbaik untuk servis. 

    Cobalah untuk memeriksa buku panduan mobil, biasanya di sana terdapat jadwal servis yang direkomendasikan. Selain itu Anda juga bisa menentukan jadwal servis sesuai jarak tempuh atau usia kendaraan yang dipakai. 

    Melakukan servis sesuai jadwal akan memberi banyak keuntungan. Hal ini sangat membantu menjaga performa mobil Anda tetap baik. Selain itu kebiasaan ini juga bisa mengoptimalkan usia pakai komponen kendaraan. 

    • Catatan Servis Mobil

    Selanjutnya periksalah catatan servis mobil Anda. Ingatlah untuk selalu menyimpan catatan servis agar bisa mengetahui seperti apa riwayat mobil Anda. Ini juga hal yang penting agar nantinya servis mobil bisa dilakukan sesuai kebutuhan. 

    Catatan servis biasanya dipakai untuk melacak kapan waktu terakhir kali mobil Anda diservis. Selain itu dari catatan tersebut Anda juga bisa mengetahui apa saja komponen yang rusak dan diperbaiki. 

    Lewat catatan ini Anda juga bisa lebih mudah mengetahui kapan waktu servis berikutnya. Biasanya juga sudah ditulis apa saja hal yang perlu diperiksa saat servis berikutnya tiba. 

    • Kualitas Bengkel Servis

    Jangan lupa cek juga kualitas bengkel yang akan Anda pilih. Ini tidak kalah penting untuk memastikan bahwa mobil Anda akan diservis di bengkel yang tepat dan tentunya berkualitas. 

    Kualitas Bengkel ServisFreepik.com

    Sangat disarankan untuk memilih bengkel resmi sesuai mobil yang Anda gunakan. Perhatikan seperti apa pelayanan mereka dan pastikan bengkel tersebut memiliki tenaga montir yang profesional. 

    • Kualitas Suku Cadang

    Sebelum servis mobil, Anda biasanya akan mendapat penjelasan dari montir mengenai kondisi mobil secara keseluruhan. Hal ini bisa dilakukan berdasarkan catatan servis yang sudah didapat tadi. 

    Dari catatan servis tersebut bisa diketahui tindakan apa saja yang perlu dilakukan saat servis berikutnya. Anda mungkin akan mendapatkan beberapa penawaran, termasuk penawaran suku cadang yang akan dipakai. 

    Pastikan untuk memilih suku cadang yang berkualitas asli. Ini sangat penting untuk memastikan mobil Anda nantinya memiliki performa yang bagus dan optimal. 

    • Kondisi Mobil

    Sudah pasti Anda juga harus memeriksa kondisi mobil sebelum diservis. Cek beberapa komponen untuk memastikan bahwa kondisi mobil Anda cukup baik. Misalnya saja bagian ban, oli, ac, dan lain sebagainya. 

    Jika Anda menemui adanya kejanggalan pada mesin atau komponen lain saat menggunakan mobil, segera sampaikan kepada montir yang bekerja. Ini akan mempermudah proses servis sesuai kebutuhan Anda.