Berita

    Featured Image

    Memicu Alergi! Hindari Menyimpan Benda-Benda Ini di Mobil

    Penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan jenis-jenis barang yang disimpan di mobil. Jangan sampai ada barang penyebab alergi di dalam mobil yang mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. 

    Jika Anda adalah tipe orang yang sensitif dan memiliki alergi, maka pastikan untuk menjaga kondisi kabin mobil dengan sebaik mungkin. Mari cari tahu apa saja jenis barang yang sebaiknya tidak Anda letakkan di mobil karena bisa memicu alergi. 

    Barang Penyebab Alergi di Dalam Mobil

    Bisa berkendara dengan nyaman pasti terasa begitu menyenangkan. Demi mewujudkan pengalaman berkendara yang nyaman, Anda perlu memperhatikan banyak hal. 

    Tidak hanya menjaga performa mobil, Anda juga perlu memperhatikan barang-barang yang ada di dalam kabin. Berikut ini ada beberapa jenis barang yang sebaiknya tidak diletakkan di dalam kabin mobil karena bisa memicu alergi. 

    • Boneka

    Pertama adalah boneka yang seringkali dijadikan aksesori di dalam mobil. Sebenarnya sah-sah saja meletakkan boneka di dalam mobil namun pastikan kebersihannya terjaga. 

    Boneka terbuat dari bahan yang sangat mudah menyimpan debu. Jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik maka debu-debu bisa mengumpul di sana. Kondisi ini tentu tidak bagus karena bisa memicu alergi. 

    Jika memang ingin meletakkan boneka maka secukupnya saja dan pastikan dalam kondisi bersih. Keluarkan boneka secara rutin agar terbebas dari tumpukan debu dan kotoran. 

    • Parfum Mobil dengan Aroma Kuat

    Berikutnya ada parfum mobil dengan aroma yang berlebihan. Sebagian orang mungkin merasa lebih nyaman jika berkendara menggunakan parfum mobil. Namun sebagian orang lagi justru alergi dengan aroma parfum tersebut. 

    Biasanya aroma parfum yang terlalu menyengat lebih rentan memicu alergi. Jika Anda memang ingin memasang parfum di dalam mobil maka pilih yang aromanya lembut dan tidak terlalu kuat. 

    • Karpet Dashboard berbahan bulu

    Barang lain yang bisa jadi penyebab alergi di dalam mobil adalah karpet dashboard. Karpet ini sama halnya seperti boneka, terbuat dari bahan yang mudah menyimpan debu dan kotoran. 

    Selain itu pemakaian karpet dashboard juga seringkali malah membuat lebih banyak kotoran mengendap di bagian bawahnya. Hal inilah yang bisa memicu reaksi alergi berlebih pada sebagian orang. 

    Jika memang ingin menggunakan karpet dashboard maka pilihlah yang bahannya berkualitas. Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan karpet dan bagian bawahnya agar tidak menyimpan debu. 

    • Perlengkapan Hewan Peliharaan

    Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah, hindari meletakkan barang-barang atau perlengkapan hewan di dalam mobil. Misalnya saja seperti sisir bulu, mainan hewan, dan lain sebagainya. 

    Barang-barang yang menjadi perlengkapan hewan peliharaan tadi bisa saja mengandung banyak bulu. Bulu-bulu tersebut bisa memicu reaksi alergi apalagi pada orang yang sensitif. 

    Anda mungkin tidak alergi terhadap bulu hewan namun bisa saja ada anggota keluarga yang alergi. Lagipula akan jauh lebih baik jika Anda menjaga kebersihan mobil dengan tidak meletakkan perlengkapan hewan peliharaan di dalamnya. 

    • Kosmetik

    Ada beberapa orang yang alergi dengan produk kosmetik tertentu seperti bedak, lipstik, dan lain sebagainya. Lebih baik jangan menyimpan produk kosmetik yang bisa memicu alergi seperti ini. 

    kosmetik dalam mobilFreepik.com

    Selain itu, menyimpan kosmetik di dalam mobil juga tidak bagus karena bisa merusak kualitas kosmetik itu sendiri. Kualitas udara di dalam mobil juga bisa menurun karena aroma kosmetik yang terlalu menyengat.