Berita

    Inilah Pentingnya Aerodinamika Pada Mobil

    Perkembangan kendaraan modern belakangan ini semakin lama membuat perhitungan menjadi jauh lebih rumit dibandingkan sebelumnya. Salah satu yang harus dipertimbangan dalam membuat mobil adalah aerodinamika dari mobil itu sendiri.

    Aerodinamika berasal dari kata aero dan dynamic yang berarti udara dan gaya gerak. Aerodinamika dapat diartikan sebagai cabang ilmu tentang dinamika gas dan dinamika fluida yang erat kaitannya dengan udara di atmosfer.

    Ada banyak perhitungan yang dilakukan termasuk beberapa hukum fisika ketika memahami teknologi ini. Terdapat hukum kekekalan massa, hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi yang bisa digunakan untuk menggambarkan pengertian aerodinamika.  Ketiga hukum tersebut dapat memberikan bayangan tentang penggunaan teknologi ini dalam dunia otomotif.

    Dalam perkembangannya, Aerodinamika telah diterapkan pada transportasi darat dengan memodifikasi fungsi yang dihadirkan untuk pesawat terbang. Pesawat yang terbang di angkasa dan menembus udara memanfaatkan teknologi ini agar dapat bekerja secara optimal.  Mengetahui kondisi tersebut, dunia otomotif juga mencoba memodifikasi agar aerodinamika dapat diterapkan pada mobil.

    Teknologi ini dihadirkan agar setiap mobil yang melaju dapat meminimalisir hambatan angin atau udara. Istilah hambatan udara juga dikenal dengan COD atau Coefficient of Drag. Cara kerja aerodinamika ini pada dasarnya diterapkan pada model dari body mobil. Bahkan, semakin kecil terhadap ketahanan udara dapat berdampak pada kestabilan laju kendaraan dan efisiensi bahan bakar.

    Teknologi ini bahkan dapat menghadirkan bentuk spoiler depan dan belakang, wings, deflector serta side skirt.

    Spoiler depan dan belakang dihadirkan dalam bentuk body mobil bagian depan dan belakang yang lebih rendah atau menyerupai lereng.  Bentuk tersebut berfungsi untuk menghadirkan membuat mobil lebih cepat saat melaju. Selain itu, bentuk body mobil yang lain juga dapat membentuk gaya downforce, gaya turbulen dan gaya gesek kulit ketika melintas dan melawan hambatan angin atau udara.

    Manfaat Penggunaan Aerodinamika

    Bagi yang belum mengetahui hal ini mungkin hanya akan memilih bentuk mobil yang bagus ketika diminta untuk memilih. Namun, bentuk body yang digunakan untuk sebuah mobil ternyata sangat mempertimbangkan teknologi ini.  Fungsi dari teknologi yang satu ini adalah menjaga keseimbangan mobil ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

    Setiap body yang dihadirkan pada setiap mobil ini juga dapat menjaga keselamatan penumpang ketika mengendarai mobil. Komponen-komponen ini bahkan dapat berfungsi untuk mengontrol berbagai arah angin yang melewati mobil.