Berita

    Kenali Mencegah Agar Mobil Tidak Terbakar

    Banyak orang hanya membayangkan bahwa mobil terbakar terjadi saat kecelakaan. Namun, pemikiran ini salah. Faktanya tidak hanya itu, komponen yang rusak maupun tidak dirawat dengan baik juga penyumbang terbesar dalam sumber kebakaran. 

    Masalah kebakaran mobil ini bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Kebakaran pada mobil dapat dicegah bila Anda tahu caranya. Berikut adalah penyebab dan cara pencegahan kebakaran mobil!

    Mengenal Sebab Mobil Terbakar

    Agar Anda dan penumpang dalam mobil tetap selamat selama perjalanan, Anda harus paham bagaimana menghindari kebakaran pada mobil. Maka dari itu ketahui berbagai macam kemungkinan yang bisa terjadi berikut: 

    • Aksesoris Tambahan

    Memiliki mobil yang diinginkan memang mimpi semua orang. Tidak sedikit orang sering memodifikasi mobil dengan menambahkan aksesoris yang canggih dan sesuai keinginan.

    Namun, terkadang terjadi kesalahan pada proses modifikasi tersebut. Kesalahan pada pemasangan kabel tambahan sering memicu terjadinya kebakaran pada mobil.  

    • Bocornya Bahan Bakar atau Oli

    Setiap kendaraan bermotor, pasti membutuhkan cairan yang mudah terbakar untuk menjalankan kendaraan. Cairan tersebut bisa seperti bensin, atau oli. Namun, kebocoran sering terjadi akibat bocornya cairan tersebut. 

    Bahan bakar seperti bensin, atau oli transmisi dan mesin yang bocor bisa jadi penyebab terjadinya mobil terbakar.

    • Mesin yang Overheat

    Saat melakukan perjalanan yang jauh, mesin akan menjadi sangat panas. Mesin yang terlalu panas ini dapat mempengaruhi suhu pada oli. Jika suhu pada oli menjadi tinggi dan menetes, ini akan mengakibatkan kebakaran pada mobil. 

    Overheat atau mesin yang terlalu panas juga disebabkan oleh kerusakan pada radiator mobil atau katup pada mesin tidak sempurna. Kerusakan ini mengakibatkan mesin tidak dapat bekerja secara efisien.

    Kerusakan itu pula menyebabkan beban kerja CC atau Konverter Katalis menjadi besar. Jika suhu CC lebih dari 1000 derajat, ini akan memicu kebakaran. 

    • Kerusakan Listrik

    Sistem kelistrikan juga seringkali menjadi salah satu penyebab mengapa mobil terbakar. Biasanya, kejadian ini akibat dari aki pada mobil yang bermasalah. 

    Saat aki bermasalah, ruang mesin akan penuh dengan gas gas hidrogen. Jika ada kabel yang rusak dan memercikan api lalu mengenai gas hidrogen ini, kebakaran tidak akan terelakan.