Berita

    Kenali Penyebab Lampu Indikator Aki Menyala saat Mesin Mati

    Pada speedometer mobil akan menampilkan beberapa lampu indikator, salah satunya adalah lampu aki yang akan menyala ketika mesin dinyalakan.

    Namun, sering menjadi masalah ketika lampu indikator aki menyala padahal mesin sedang mati. Jika hal ini sampai terjadi, perlu Anda waspadai karena terdapat kesalahan pada proses pengisiannya.

    Padahal yang seharusnya terjadi adalah lampu indikator mati ketika mesin mulai berputar. Pada kondisi ini, proses pengisian terjadi dengan baik untuk mendapatkan arus listrik yang dapat digunakan sebagai pengisi aki mobil.

    Lalu, apa yang terjadi jika lampu indikator aki tetap menyala meskipun mesin sudah mati? Apa saja penyebabnya? Yuk kita ketahui lebih dalam pada penjelasan berikut.

    Ada beberapa penyebab kerusakan seperti soket kendor, carbon brush aus atau habis dan sebagainya.

    3 Penyebab Lampu Indikator Aki Menyala Saat Mesin Mati

    Berikut adalah tiga penyebab umum yang sering terjadi ketika indikator aki pada dashboard mobil terus menyala.

            1. Penyambung Daya Isi Terputus

    Sambungan yang terputus saat proses pengisian terjadi menjadi salah satu penyebab indikator aki pada speedometer terus menyala. Sistem pengisian memiliki soket yang berada di belakang alternator.

    Komponen yang berada pada aki seringkali lepas akibat mobil bergoyang saat sedang melaju dan melewati jalan yang rusak. Terlepasnya soket membuat lampu indikator kehilang fungsi yang sebenarnya.

            2. Alternator Rusak

    Penyebab kedua lampu indikator aki menyala meskipun mesin sudah mati adalah alternator mobil yang mengalami kerusakan. Perlu Anda ketahui bahwa alternator berfungsi sebagai penyalur sistem kelistrikan pada aki saat mesin mulai dinyalakan.

    Alternator yang rusak biasanya terjadi akibat dua komponen yaitu Carbon Brush yang aus dan IC Regulator yang rusak. Namun, tak menutup kemungkinan bagian lain juga mengalami kerusakan.

            3. Sekring Mobil Terputus

    Penyebab lampu indikator menyala terus menerus yang ketiga adalah terputusnya sekring pada sistem pengisian daya mobil. Terputusnya bagian ini membuat arus listrik pada alternator yang dikirim dari aki mengalami hambatan hingga bisa berhenti.

    Hilangnya arus listrik karena terhambat membuat indikator aki terus menerus menyala meskipun mesin dalam keadaan mati.

    2 Cara Mengatasi Permasalahan pada Lampu Indikator Aki