Berita

    Ketahui Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

    Pernahkah Anda mengalami masalah air radiator mobil cepat habis atau hal-hal lain yang berkaitan dengan air radiator? Secara umum, air radiator digunakan oleh kendaraan darat seperti mobil. Fungsinya untuk memindahkan energi yang mendinginkan mesin mobil. 

    Pada mobil mana pun, air radiator akan mengalami pengurangan jika banyak digunakan. Itulah sebabnya, selain mengetahui cara mengendarai mobil dengan benar. 

    Selain itu, Anda pun perlu memahami cara mengatasi berbagai masalahnya, misalnya saat air radiator mobil tampak berkurang drastis dalam waktu singkat.  

    Penyebab Air Radiator pada Mobil Cepat Habis

    Saat Anda memeriksa mobil dan mendapati air di dalam tabung radiator cepat habis, bisa jadi itu pertanda ada masalah pada radiator mobil. Lantas, apa saja yang menyebabkan air radiator mobil cepat habis? Simak informasi lengkap berikut ini.

    • Tutup Radiator Rusak

    Salah satu kemungkinan penyebab cepat berkurang air radiator mobil adalah karena tekanan pada tutup radiator yang melemah.

    Lemahnya grip pada tutup radiator membuat air di dalamnya lebih cepat mengalir menuju tabung cadangan. Bisa jadi itu terjadi bahkan sebelum pressure valve terbuka. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengganti tutup radiator dengan tutup yang baru.

    • Adanya Kebocoran pada Komponen Water Pump

    Water pump berfungsi untuk memompa air dan mengatur sirkulasi air di dalam mesin mobil. Apabila terjadi kerusakan pada komponen ini, volume air radiator akan menurun dalam waktu relatif cepat. 

    Bukan tidak mungkin kebocoran pada water pump bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah, hal ini karena aliran air yang deras di dalam mesin.

    Untuk mencegah kebocoran water pump, Anda perlu melakukan perawatan rutin, seperti menguras air radiator mobil sebanyak dua kali dalam satu bulan. 

    Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pengendapan karat di dalamnya. Selain itu, gunakan air yang berkualitas agar performa water pump lebih maksimal.

    Kondisi water pump yang maksimal akan menunjang kinerja radiator. Jadi pastikan air radiator tepat dan berkualitas. 

    • Terjadi Kebocoran di Sirip Komponen Radiator Mobil

    Adanya kebocoran pada sirip radiator sulit terlihat karena beberapa faktor, seperti air di dalamnya sudah menguap sehingga tidak bisa dideteksi bagian mana yang bocor.