Berita

    Ketahui Tips Cara Memilih Oli Mobil Matic

    Penting untuk dipahami bahwa memilih oli mobil matic itu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena tipe mobil ini punya sistem transmisi yang berbeda. 

    Pemilihan oli yang tepat akan membantu mesin mobil Anda bekerja optimal dan tahan lama. Mari cari tahu seperti apa cara pemilihan oli untuk mobil matic yang tepat!

    Tips Memilih Oli Mobil Matic

    Penggunaan oli mobil memang tidak boleh sembarangan, harus dipilih tipe yang tepat agar mesin bekerja optimal. Berikut ini beberapa tips memilih oli yang tepat untuk digunakan pada mesin mobil matic Anda:

    • Sesuaikan dengan Jenis Transmisi

    Oli yang beredar di pasaran memiliki dua tipe berbeda yaitu oli untuk mesin transmisi otomatis dan manual. Jika Anda memakai mobil matic, maka Anda harus memilih oli untuk mesin transmisi otomatis. 

    Saat ini ada tiga varian pelumas yang bisa digunakan pada mesin dengan transmisi otomatis. Anda bisa menggunakan jenis oli transmisi CVT, dual clutch, maupun oli matic yang konvensional. 

    Sebenarnya produk oli sudah memberi spesifikasi yang jelas. Jadi perhatikan baik-baik deskripsi produknya agar tidak salah beli. 

    • Cek Bahan Baku Oli

    Hal berikutnya yang harus Anda lakukan saat memilih oli adalah melihat bahan baku apa saja yang digunakan. Ini sangat penting, karena bahan baku oli akan berpengaruh pada daya tahan maupun performa kerjanya. 

    Tidak hanya itu, perbedaan jenis bahan baku oli juga akan berpengaruh pada intensitas pemakaian mobil. Misalnya saja untuk jenis mobil yang intensitas pemakaiannya rendah, oli dengan material mineral adalah pilihan tepat. 

    Jika intensitas pemakaian mobil cukup tinggi dan Anda butuh mesin dengan performa lebih baik maka pilihlah oli berbahan semi sintetik. Informasi mengenai jenis bahan oli ini bisa Anda dapatkan lewat kemasan produk. 

    Ada pula jenis oli full sintetik yang direkomendasikan untuk jenis mobil-mobil yang usianya tua. Biasanya tipe oli seperti ini sangat efektif menjaga mesin supaya tetap awet. 

    • Perhatikan Tingkat Viskositas Oli

    Tipe memilih oli mobil matic berikutnya adalah perhatikan tingkat viskositas oli tersebut. Viskositas ini merupakan satuan untuk menyatakan tingkat kekentalan dari oli atau pelumas. 

    Angka kekentalan oli biasanya akan disesuaikan dengan Society of Automotive Engineer atau SAE. Pastikan Anda memilih oli dengan viskositas yang paling sesuai kebutuhan mesin mobil itu sendiri.