Berita

    Ketahuilah 6 Cara Mengusir Tikus di Mobil yang Paling Ampuh

    Tidak hanya lemari di dalam rumah, tikus juga kerap menjadikan mobil sebagai sarangnya. Keberadaan tikus di dalam kap mobil bisa menjadi masalah besar karena tikus dapat menggerogoti kabel yang dapat merusak mesin. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara menyingkirkan tikus di mobil.

    Berikut cara mengusir tikus di mobil ampuh yang bisa Anda coba.

    • Pasang Pengharum 

    Sebagai hewan yang mempunyai penciuman tajam, tikus secara alami tidak menyukai bau wangi yang menyengat. Kapur barus merupakan pengharum yang sering digunakan dan ampuh untuk mengusir tikus. 

    Ketika Anda merasa ada tikus di dalam mobil, Anda bisa menggantungkan atau menghaluskan kapur barus kemudian menyebarkannya di seluruh sudut mobil termasuk di dalam kompartemen dan kap mobil.

    Namun hindari meletakkan kapur barus di area washer kaca depan atau bau kapur barus bisa meresap ke dalam bagian mobil. Selain kapur barus, Anda juga bisa menyebar minyak peppermint atau bawang yang sama-sama memiliki bau menyengat. 

    • Pasang Perangkap Tikus

    Jika Anda masih menemui banyak tikus yang berkeliaran di mobil, Anda juga bisa memasang perangkap tikus di mobil Anda. Sebelum memasang perangkap bersihkan seluruh mobil Anda dari sampah ataupun makanan. 

    Kemudian carilah perangkap tikus dan pasang umpan seperti keju, daging atau buah di perangkap tikus. Letakkan perangkap di dalam kap maupun tempat lain yang menjadi sarang tikus. 

    Apabila sudah ada tikus yang terperangkap segera buang tikus tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan gloves atau sarung tangan ketika membuang tikus. Untuk mencegah penyebaran virus yang dibawa oleh tikus, Anda juga bisa menyemprotkan desinfektan ke seluruh bagian mobil. 

    • Semprot Cairan Pengusir Tikus

    Selain memasang kapur barus dan perangkap, Anda juga bisa menyemprotkan cairan khusus pengusir tikus. Cairan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko atau supermarket terdekat. 

    Semprotkan cairan pengusir tikus di sarang atau tempat yang memungkinkan tikus masuk ke dalam mobil. 

    • Bersihkan Mobil secara Rutin

    Salah satu cara mencegah tikus masuk ke dalam mobil adalah dengan membersihkan mobil Anda setiap hari. Bersihkan semua bagian mobil termasuk bagian kap. Buang semua sampah dan makanan yang tertinggal. 

    Makanan atau sampah dapat membuat mobil kotor dan mengundang tikus masuk ke dalam mobil, jadi untuk mencegah tikus masuk pastikan mobil Anda selalu bersih. Jangan lupa pula untuk mencuci mobil secara rutin. 

    • Rajin Memanaskan Mobil