Berita

    Ini Penyebab Pintu Mobil Anda Tidak Bisa Ditutup Rapat dan Cara Mengatasinya

    Pintu mobil tidak bisa ditutup dengan rapat jadi masalah yang akan rentan terjadi pada mobil dengan usia di atas lima tahun. Pintu pun kemudian akan terbuka dengan sendirinya, oleh sebab karet mobil yang tidak mengunci pintu dengan rapat.

    Jika Anda mengalami masalah tersebut, segera cari tahu penyebabnya agar dapat mengatasi dan memperbaiki langsung ke akar masalahnya. Bila Anda biarkan, ini bisa mengancam keselamatan ketika sedang berkendara di jalan raya karena pintu mobil bisa terbuka begitu saja.

    Jadi, mari simak penyebab pintu mobil sulit ditutup beserta cara mengatasinya di bawah ini.

    Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup 

    Apa saja yang bisa menyebabkan pintu mobil Anda sulit untuk ditutup rapat? Berikut jawabannya:

    • Engsel Pintu Mobil Berkurang Kekuatannya

    Anda yang terbiasa membuka pintu mobil terlalu lama akan menyebabkan engsel pintu mobil mengalami penurunan sebab engsel ikut menahan berat daun pintu dalam waktu yang lama. 

    Selain itu, pintu mobil yang ditutup terlalu keras secara terus menerus juga mengakibatkan engsel pada daun pintu mobil rentan rusak. Itulah yang kemudian menjadi penghambat saat Anda ingin menutup pintu mobil.

    • Pengait pada Pintu Mobil Mengalami Aus

    Komponen pengait berfungsi sebagai mengaitkan jangkar daun pintu mobil agar bisa terhubung ke body mobil. Namun, jika Anda keseringan menutup mobil terlalu keras, maka berakhir jadi pintu mobil tidak bisa ditutup dengan rapat sebab door lock dan  pengaitnya aus.

    • Karet Pintu Mobil Tidak Elastis Lagi

    Karet pada pintu mobil akan berkurang elastisitasnya seiring pertambahan usia mobil. Karet akan menjadi keras atau pun lebih kendur, tergantung lokasi mobil sering diparkir. Bila sudah mengeras, maka pintu mobil pun juga jadi susah untuk ditutup rapat. 

    Cara Mengatasi Pintu Mobil Susah Ditutup

     

    cara mengatasi pintu tidak bisa ditutup rapatFreepik.com

    Setelah mengetahui penyebab pintu mobil jadi sulit untuk ditutup rapat, Anda bisa mengatasinya dengan mencoba berbagai cara di bawah ini.

    • Menyetel Ulang Engsel Pintu Mobil

    Anda bisa setel ulang engsel atau mengganti engsel dengan yang baru. Sebab, bila pintu mobil sulit ditutup karena engsel yang karat atau korosi, maka Anda perlu membeli yang baru agar engsel layak pakai kembali.

    Namun, jika engsel turun sedikit saja, Anda bisa menyetel ulang engsel dengan memanggil teknisi atau berkunjung langsung ke bengkel mobil.