Berita

    Tetap Aman! Tips Berkendara Bersama Orang Tua (Lansia)

    Anda mungkin sudah merasa ahli mengendarai mobil seorang diri. Namun lain kondisinya jika Anda berkendara membawa orang tua. Anda butuh tips berkendara yang aman agar orang tua merasa nyaman selama di perjalanan. 

    Sama halnya seperti anak-anak, orang tua seringkali merasa kurang nyaman berada di dalam mobil. Apalagi jika usianya sudah sangat tua dan perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Mari cari tahu apa saja kiat berkendara yang aman dalam kondisi ini!

    Tips Berkendara bersama Orang Tua

    Saat membawa orang tua berkendara naik mobil, Anda perlu memperhatikan banyak hal. Tidak hanya faktor keamanan saat berkendara namun juga kenyamanan orang tua yang berada di mobil Anda. 

    Tentunya cara Anda berkendara saat sendiri dan saat bersama orang tua akan berbeda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar berkendara bersama orang tua jadi lebih aman dan nyaman:

    • Atur Kursi Penumpang sesuai Kenyamanan

    Pertama-tama Anda bisa mengatur kursi penumpang terlebih dahulu agar orang tua merasa nyaman. Seringkali orang tua mengeluh di dalam mobil karena posisi duduk mereka tidak nyaman apalagi saat perjalanan jauh. 

    Tentunya pengaturan kursi ini sangat dipengaruhi oleh postur tubuh penumpang. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan tanyakan kepada orang tua Anda apakah mereka sudah merasa cukup nyaman atau belum. 

    • Perhatikan Suhu AC

    Selanjutnya Anda harus memperhatikan suhu AC selama berkendara demi memastikan orang tua merasa nyaman. AC ini menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kondisi orang tua di dalam mobil. 

    AC mobilFreepik.com

    Sebagian besar orang tua merasa tidak nyaman berkendara dalam kondisi suhu yang sangat dingin. Jadi Anda bisa mengatur suhu AC tidak terlalu dingin agar orang tua tetap merasa nyaman. 

    Namun dalam hal ini Anda perlu bertanya lagi kepada orang tua yang diajak berkendara. Tanyakan saja apakah mereka kedinginan atau kepanasan agar suhu AC bisa disesuaikan. 

    • Kemudikan Mobil dengan Kecepatan Stabil

    Tips berkendara bersama orang tua berikutnya adalah kemudikan mobil Anda dengan kecepatan yang stabil. Jangan mengebut karena orang tua biasanya tidak suka berkendara dengan kecepatan tinggi. 

    Jika Anda mengemudi dengan kecepatan yang stabil dan tidak terburu-buru, maka orang tua akan merasa jauh lebih tenang. Mereka juga tidak mudah kaget sepanjang jalan karena Anda terburu-buru saat mengemudi. 

    • Perkirakan Rute yang Ditempuh

    Penting sekali untuk memperkirakan rute yang akan ditempuh saat berkendara dengan orang tua. Anda bisa mencari tahu kemana tujuannya terlebih dahulu kemudian temukan rute yang dirasa paling aman. 

    Tentu akan jauh lebih baik jika Anda bisa mengambil rute terdekat. Selain itu Anda juga perlu memilih jalan yang medannya tidak sulit sehingga perjalanan terasa jauh lebih tenang dan nyaman. 

    Pertimbangkan juga masalah kemacetan yang bisa memicu stres pada orang tua saat berkendara. Lebih baik hindari jalan-jalan yang rentan macet agar perjalanan Anda jadi lebih lancar. 

    • Selalu Jaga Jarak Aman 

    Pastikan Anda selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain selama berada di jalan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. 

    Menjaga jarak aman selama berkendara juga bisa mencegah terjadinya pengereman mendadak. Tentu akan sangat berbahaya jika Anda mengerem mobil secara tiba-tiba saat berkendara bersama orang tua.