Berita

    Tips Ganti Velg Mobil yang Aman dan Tepat

    Bagi pengendara yang memiliki hobi modifikasi mobil, mengganti velg mobil merupakan hal yang cukup umum dilakukan. Biasanya, mereka mengganti velg ke ukuran yang lebih besar, lalu diikuti dengan penggantian diameter ban mobil.

    Namun, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk mengganti velg. Ada aspek-aspek keamanan dan kenyamanan yang sebaiknya diperhatikan, supaya dapat melakukan penggantian dengan tepat.

    Tips Ganti Velg Mobil

    Tentunya, melakukan penggantian komponen velg tidak boleh dilakukan secara sembarangan, berikut adalah berbagai tips mengganti velg dengan aman dan tepat yang bisa Anda ikuti.

    • Kenali Dulu Material Velg

    Ada berbagai jenis bahan atau material yang digunakan untuk komponen velg. Umumnya, jenis velg yang beredar di pasaran terbuat dari bahan logam ringan, misalnya baja billet, paduan logam, serta magnesium.

    Bahan tersebut cenderung memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan velg mobil yang berbahan baja.

    Dengan bobot yang lebih ringan ini, maka Anda bisa mengurangi bobot total dari mobil, namun tetap memperhatikan tentang kualitas dan daya tahan dari velg tersebut.

    Keuntungan yang bisa didapatkan dari velg yang ringan yaitu dapat meringankan kerja dari mesin mobil, baik ketika sedang melakukan pengereman maupun ketika melakukan putaran roda.

    • Perhatikan Pitch Circle Diameter (PCD)

    Memperhatikan ukuran PCD merupakan hal penting ketika akan memilih velg yang baru. Spesifikasi tentang PCD ini dapat dilihat pada komponen velg.

    Ukuran tersebut dapat menginformasikan jarak di antara satu lubang baut dengan lubang yang lainnya.

    • Sesuaikan Desain dengan Kebutuhan

    Salah satu hal yang sering diperhatikan ketika melakukan modifikasi velg mobil yaitu tentang desainnya.

    Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari modifikasi, apakah akan berkaitan dengan kebutuhan perjalanan atau hanya digunakan dalam mempercantik tampilan mobil Anda.

    Ada berbagai jenis desain yang dapat dipilih, misalnya velg yang bernuansa sporty, luxury, touring, dan off-road.

    Istockphoto.com
    • Perhatikan Lebar Velg

    Perlu diketahui bahwa semakin besar ukuran velg, maka akan semakin lebar juga velg tersebut. Dengan velg yang semakin lebar, maka kekuatan cengkeraman dari ban mobil akan semakin besar.