Berita

    Tips Mencegah Mesin Mobil Overheat Saat Mudik

    Bertambahnya pengguna jalan selama arus mudik kerap menyebabkan kemacetan yang sangat parah. Tidak hanya mengganggu perjalanan, kemacetan pun bisa menyebabkan mobil mengalami overheat, atau panas mesin yang melebihi batas ukuran normal.

    Lalu, bagaimana cara mencegah mesin mobil yang overheat? Berikut adalah tips yang bisa kalian simak:

            1. Pastikan Kipas Pendingin Bekerja dengan Maksimal

    Kipas radiator berfungsi untuk mendinginkan radiator agar proses pendinginan mesin bisa berjalan maksimal. Jika kipas tidak bekerja dengan maksimal, radiator pun akan mudah panas dan menyebabkan mesin mudah mengalami overheat.

    Untuk itu, pastikan putaran kipas pendingin ini maksimal. Jika melihat ada gejala tidak normal pada putaran kipas, segera berhenti dan melakukan cek di bengkel emergency terdekat.

            2. Perhatikan Terus Radiator

    Mesin yang dibiarkan dalam kondisi menyala akan membuat air radiator panas, dan berisiko menguap. Apalagi jika AC dalam kondisi menyala, tentu resiko mobil overheat akan semakin tinggi.

    Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan. Mulai dari mengontrol radiator dan pastikan air radiator dalam batas maksimal. Setelah itu, Pastikan sirkulasi air radiator lancar. Biasanya, sirkulasi air terhambat karena ada sumbatan berupa karat, tumpukan kerak, atau karena sebab lainnya.

    Disarankan juga untuk memakai air khusus radiator yang memang memiliki sifat mendinginkan mesin. Perlu dicatat juga, saat akan mengecek radiator pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Pasalnya, jika tutup radiator dibuka saat mesin mobil dalam kondisi panas, air radiator akan menyembur.

    Air radiator ini sangat panas dan bisa menyebabkan kulit melepuh. Hal ini membahayakan kalian sebagai pengemudi mobil.

            3. Matikan Mesin Jika Terasa Overheat

    Jika kalian melihat kemacetan akan terjadi selama berjam-jam, sebaiknya matikan saja mesin. Kalau dibutuhkan, kalian bisa mencari dulu tempat istirahat yang nyaman, dan parkirkan mobil di sana.

    Perlu diingat, untuk mendinginkan mesin, tidak cukup hanya dengan mematikan mesin dan parkir mobil di tempat teduh saja. Kalian wajib membuka kap mesin agar udara panas yang terjebak di dalam area mesin bisa berganti dengan udara yang masih segar.

    Itu dia beberapa tips agar mesin tidak overheat saat digunakan untuk mudik. Jika kalian menemui masalah, bisa langsung menghubungi Bengkel Suzuki terdekat ya!