Berita

    Tips Merawat Lampu Mobil agar Awet dan Tetap Keren

    Lampu mobil menjadi bagian penting yang tidak hanya berpengaruh pada keamanan namun juga estetika mobil itu sendiri. Itulah mengapa perawatan komponen ini sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara. 

    Seiring berjalannya waktu pemakaian, lampu pada mobil bisa berubah warna menjadi kuning. Tampilan lampu yang menguning ini tentu saja tidak bagus dan bisa berpengaruh pada performanya saat mobil dipakai berkendara. 

    Pentingnya Merawat Lampu Mobil

    Tidak hanya mesin, lampu ternyata juga menjadi bagian penting dari mobil yang perlu dirawat. Perawatan lampu ini sangat dibutuhkan agar pancarannya tetap jelas dan mampu menerangi pengendara saat melaju di jalan gelap. 

    Perawatan yang tepat akan membuat lampu pada mobil bisa berfungsi secara optimal. Artinya pengemudi lain yang berada di sekitar mobil tersebut juga bisa melihat lampu dengan jelas dan bisa berkendara dengan aman. 

    Tidak hanya itu hal ini juga sangat penting dilakukan demi menjaga penampilan mobil. Jika bagian lampu bersih dan terawat maka tampilan mobil juga pasti akan jauh lebih bagus seperti baru. 

    Tips Perawatan

    Sebenarnya perawatan komponen lampu pada mobil ini tidaklah sulit. Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan demi menjaga performa lampu tersebut.

     

    membersihkan lampu mobilUnsplash.com

    Berikut adalah beberapa tips perawatan lampu mobil yang perlu Anda lakukan:

    • Biasakan Parkir di Tempat Teduh

    Hal pertama dan sangat sederhana yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan parkir di tempat teduh. Cara ini mungkin sepele tapi ternyata efektif untuk menjaga kualitas dan kondisi lampu. 

    Lampu bisa lebih mudah rusak jika mobil diparkirkan di tempat yang panas atau terpapar hujan. Jadi lebih aman jika mobil diparkir di tempat yang teduh sehingga lampu tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

    • Gunakan Cairan Anti Sinar UV

    Anda bisa mengandalkan cairan anti sinar UV untuk melindungi bagian lampu pada mobil. Cairan ini bisa diaplikasikan ke bagian lampu untuk membuatnya lebih tahan terhadap paparan sinar matahari atau sinar UV. 

    • Gunakan Lampu yang Sesuai

    Tentunya Anda tidak boleh asal-asalan memilih jenis lampu untuk dipasang di mobil. Jika ingin lampu tersebut bertahan awet untuk jangka waktu lama dan tidak mudah menguning atau rusak, maka pilihlah lampu berkualitas. 

    Setiap tipe mobil juga pasti memiliki kebutuhan lampu yang berbeda-beda. Jadi pastikan lampu yang digunakan sesuai dengan kapasitas mobil. Jika daya lampu tidak sesuai, bisa juga terjadi kerusakan dengan mudah. 

    • Gunakan Bohlam yang Tepat

    Selain jenis lampunya, Anda juga perlu memilih tipe bohlam yang berkualitas dan sesuai spesifikasi. Setiap tipe bohlam pasti punya kelebihan yang berbeda-beda, pastikan Anda menggunakan yang berkualitas. 

    Gunakan bohlam yang menawarkan kualitas bagus dengan jangka waktu pemakaian yang cukup panjang. Ini akan jauh lebih menguntungkan daripada Anda memakai bohlam murah tapi mudah rusak. 

    • Bersihkan Lampu secara Rutin

    Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan demi merawat kondisi lampu pada mobil adalah membersihkannya secara rutin. Proses pembersihan lampu ini sangat sederhana namun banyak orang malas melakukannya. 

    Anda bisa mengelap lampu memakai lap bersih dan lembut. Gunakan juga cairan pembersih khusus agar kondisi lampu selalu terjaga. Apalagi setelah mobil melaju di bawah hujan, sebaiknya bagian lampu langsung dibersihkan.