Berita

    Bagian Ini Wajib Dicek Jika Mobil Terkena Banjir

    Musim hujan seringkali membawa dampak buruk bagi pemilik mobil, terutama jika daerah tempat tinggal rawan terkena banjir. Banjir dapat mengakibatkan kerusakan serius pada kendaraan, termasuk mobil. Saat mobil terkena banjir, terdapat beberapa potensi permasalahan yang muncul seperti kerusakan mesin, sistem elektronik, dan sistem kelistrikan. 

    Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik mobil untuk memeriksa  komponen-komponen vital pada mobil sehingga jika terjadi kerusakan dapat diperbaiki sebelum kerusakan menyebar ke komponen lain. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai komponen-komponen apa saja yang harus diperiksa setelah mobil Anda terkena banjir. 

    5 Komponen yang Harus Diperiksa Setelah Mobil Terkena Banjir 

    Terdapat beberapa bagian penting yang perlu segera Anda periksa jika mobil Anda sempat terkena banjir. Berikut adalah 5 komponen yang harus diperiksa:

    • Alternator

    Alternator merupakan sumber tenaga listrik di dalam mobil. Meskipun tidak ada gejala yang mencurigakan, segera periksakan kendaraan Anda untuk membersihkan sisa air yang mungkin ada di dalam alternator setelah terendam banjir.. 

    Alternator yang tergenang air dapat mengalami kerusakan atau korosi yang tidak terlihat secara langsung. Oleh karena itu, setelah mobil terkena banjir pemeriksaan secara menyeluruh diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

    • ECU (Electronic Control Unit)

    ECU mengatur bahan bakar kendaraan dan merupakan komponen vital dalam mobil modern. Periksa ECU Anda segera setelah tergenang banjir, karena kerusakan pada ECU dapat menyebabkan mobil mogok. 

    cek ECU

    Air yang masuk ke dalam ECU dapat merusak komponen sensitif seperti IC, yang mengakibatkan kegagalan sistem kendaraan. Pencegahan lebih baik daripada mengatasi masalah setelah terjadi, jadi pastikan untuk memeriksa ECU dengan cepat.

    • Soket

    Meskipun sering dianggap sepele, soket merupakan komponen penting yang dapat mengakibatkan korsleting jika tergenang air. Kerusakan pada soket bisa menjadi masalah serius karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan mobil, yang vital untuk fungsi dan keselamatan kendaraan. Periksa dengan teliti untuk menghindari risiko korsleting.

    • Sekring

    Sekring berfungsi untuk melindungi sistem listrik dari korsleting. Namun, jika air masuk ke dalamnya, kerusakan bisa menjadi lebih parah. Memeriksa sekering setelah terendam banjir penting untuk memastikan perlindungan yang kuat terhadap sistem listrik mobil. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada air yang masuk ke dalamnya.

    • Kompresor AC

    Air yang masuk ke dalam kompresor AC dapat mengganggu kinerjanya, mengakibatkan AC mobil tidak berfungsi. 

    Kompresor AC yang tergenang air harus diperiksa dengan cermat untuk memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi. Pastikan kompresor AC berfungsi dengan baik setelah mobil terendam banjir.

    Memeriksa komponen-komponen mobil yang vital setelah terkena banjir adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga kinerja dan keselamatan kendaraan Anda. Dengan meluangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat menghindari kerusakan serius yang bisa saja terjadi akibat dampak banjir.