Berita

    Cara Aman Memilih Shockbreaker Mobil yang Tepat

    Memilih shockbreaker mobil yang tepat adalah langkah penting dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Sebab, shockbreaker atau per mobil ini mampu meredam guncangan saat Anda sedang berkendara.

    Maka dari itu, apabila per ini sudah tidak berfungsi, maka stabilitas saat mengemudi juga akan terpengaruh. Akhirnya Anda pun jadi tidak nyaman saat berkendara. 

    Begini Tips Memilih Shockbreaker Mobil

    Idealnya, shockbreaker ini mampu bertahan selama lima tahun. Namun semua itu tergantung masa pakai juga. Apabila medan yang Anda lewati cukup berat, bisa kurang dari itu pemakaiannya.

    Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memilih shockbreaker yang aman dan sesuai:

    • Pilih Sesuai Jenis Mobil

    Pertama, ketahui jenis mobil Anda, termasuk merek, model, tahun, dan spesifikasi teknisnya. Anda bisa mengeceknya pada buku panduan mobil untuk mengetahui detailnya. Ini akan membantu Anda memilih shockbreaker yang sesuai dengan mobil.

    Sebab, memilih shockbreaker tidak hanya butuh yang empuk atau melihat tingkat kelenturan saja. Namun harus disesuaikan dengan jenis mobil dan tipe yang sesuai. Hal ini karena setiap mobil memiliki spesifikasi sendiri.

    • Tentukan Tujuan Penggunaan

    Berikutnya, Anda harus menentukan tujuan penggunaannya seperti apa. Misalnya saja, mobil Anda lebih sering untuk pemakaian sehari-hari di wilayah perkotaan, maka pilihlah shockbreaker yang fokus pada pemakaian tersebut.

    Lain halnya apabila Anda sering menggunakan mobil untuk balapan atau wilayah yang banyak gundukan bergelombang, maka butuh per yang lentur dan empuk. Bisa juga dengan karakter double action supaya bisa lebih stabil.

    • Pilih Rekomendasi Pabrikan

    Cara berikutnya untuk memilih shockbreaker mobil adalah sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. 

    Setiap mobil memiliki ketentuan sendiri yang sudah tertulis dalam petunjuk penggunaan. Apabila tidak ada, Anda bisa ke service center resmi untuk mencari tahu.

    Pabrikan biasanya tidak menyarankan pengguna mobil mengganti komponen dengan merek yang berbeda. Sebab, setiap mobil memiliki shockbreaker yang standar dengan kualitas disesuaikan.

    shockbreaker

    • Perhatikan Merek dan Kualitas

    Tidak hanya memilih sesuai rekomendasi pabrikan, tapi Anda juga harus memperhatikan merek dan kualitasnya. Sebab, ini sangat berpengaruh terhadap performa per dan juga ketahanannya.

    Merek yang sudah populer, biasanya memang memiliki kualitas yang baik. Selain itu, mereka juga biasanya memiliki garansi khusus untuk pelanggan. Sehingga apabila ada keluhan, maka akan segera mendapatkan penanganan.

    Sebagai tips, Anda bisa mencari testimoni dari beberapa orang mengenai merek tertentu. Anda bisa melihatnya melalui internet atau saling bertanya kepada pengguna mobil dengan jenis yang sama di berbagai forum.

    Lebih baik lagi jika Anda memiliki rekan teknisi. Cobalah bertanya mengenai shockbreaker ini kepadanya sebagai referensi saja. Kalau memang sudah cocok, barulah Anda bisa membuat keputusan.

    • Pertimbangkan Harga

    Penting sekali untuk mempertimbangkan harga pembelian shockbreaker sesuai dengan kantong Anda. Namun juga tetap harus memperhatikan kualitasnya ya.

    Harga dapat menentukan kualitas dan fitur yang diberikan. Maka jika harga shockbreaker terlalu murah, Anda harus waspada terhadap jaminan kualitasnya. 

    Pun demikian apabila terlalu mahal, pertimbangkan apakah benar sesuai dengan klaim dari merek tersebut?

    Untuk itu, memilih shockbreaker tidak boleh sembarangan. Sebaiknya konsultasikan pada teknisi yang berpengalaman di bidangnya. Mintalah rekomendasi, agar Anda tidak salah pilih dan membeli.