Berita

    Di Rumah Saja Sudah Bisa Membersihkan Kaca Mobil dengan Bahan Alami Pembersih Jamur Kaca Mobil Berikut Ini

    Cuaca yang sering berubah-ubah, bukan hanya membuat badan mudah sakit. Tetapi juga bisa menjadi penyebab munculnya jamur pada kendaraan kesayangan. 

    Salah satunya kaca mobil, lantaran air hujan yang belum sempat dibersihkan dan mengering tanpa terkena sinar matahari. Lama kelamaan, ini bisa menjadi tempat bertumbuhnya jamur. 

    Agar kaca pun lebih bersih dan jamur tidak tumbuh semakin mengganggu, Anda bisa menggunakan pembersih jamur kaca mobil berbahan alami untuk mengusirnya: 

    • Gunakan Cuka Putih

    Salah satu cara membersihkan jamur kaca mobil adalah menggunakan cuka putih atau alkohol. Cuka putih adalah asam, sehingga akan membakar jamur dan sporanya untuk membunuh dan menghentikannya tumbuh kembali.

    Caranya, campurkan delapan bagian cuka putih dengan dua bagian air. Masukkan campuran tersebut ke dalam semprotan. Kemudian semprotkan ke area kaca yang tertutup jamur dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya, bersihkan memakai kain bersih. 

    • Garam Cukup Efektif sebagai Penghilang Jamur Kaca Mobil

    Garam bukan hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masakan, tetapi cukup efektif untuk menghilangkan jamur yang menempel di kaca mobil. 

    Anda bisa mencampurkan garam tidak beryodium dengan seember air bersih. Semprotkan air campuran garam tersebut ke seluruh area kaca. 

    Biarkan air garam sampai benar-benar kering, di bawah sinar matahari langsung jika memungkinkan, dan dengan banyak sirkulasi udara. Ini akan memungkinkan terbentuknya kerak garam.

    Menggunakan sikat lembut atau vakum, cukup sikat partikel cetakan yang terlihat dan ulangi seperlunya.

    • Pasta Gigi Bisa untuk Menghapus Jamur di Kaca Mobil

    Bukan hanya untuk memutihkan gigi atau membunuh kuman yang menempel di lubang gigi, tetapi bisa juga untuk membasmi jamur beserta spora yang menempel di permukaan kaca mobil. 

    Caranya, Anda cukup mengoleskan pasta gigi ke kaca mobil yang sudah penuh dengan jamur. Diamkan sesaat hingga mengering. Kemudian, bilas dan lap menggunakan kain atau sikat yang lembut. Jangan lupa untuk menggunakan air yang bersih agar jamur benar-benar pergi. 

    Ikuti Tips Merawat Kaca agar Jauh dari Jamur

    Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Maka, sebelum jamur-jamur itu memenuhi area kaca mobil Anda, sebaiknya rawat kaca dengan tips ini: 

    • Bersihkan secara Rutin

    Kaca adalah bagian yang paling mudah kotor. Debu, pasir, atau kotoran apa pun akan mudah menempel di kaca selama dipakai untuk bepergian.