Berita

    Fungsi Lampu Rem Pada Kendaraan dan Komponennya

    Pengendara kendaraan seperti mobil, pasti tahu apa itu lampu rem. Apalagi fungsi lampu rem pada mobil ini sangatlah penting.

    Lampu rem bisa jadi penanda apabila kendaraan Anda sedang melakukan pengeraman. Lebih jelasnya, Anda harus simak artikel ini hingga tuntas ya.

    Apa Fungsi Lampu Rem?

    Lampu rem atau brake lamp ini terletak pada bagian belakang mobil. Fungsinya sebagai penanda adanya proses pengereman pada kendaraan.

    Apabila tidak melakukan pengereman, brake lamp akan menyala dengan redup. Barulah ketika Anda menginjak rem, lampu akan menyala dengan terang.

    Fungsinya, supaya kendaraan yang ada di belakang Anda, mengetahui kalau kendaraan yang Anda kendarai sedang melakukan pengereman. Tentu, upaya ini untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan.

    Lampu rem ini berfungsi di pagi, siang ataupun malam hari ya. Apabila tidak berfungsi, Anda harus segera memperbaikinya. Sebab, sangat berbahaya jika tidak ada tanda sedang mengurangi kecepatan.

    Apa saja komponen dalam brake lamp?

    Ada beberapa komponen yang ada pada lampu rem yang harus Anda ketahui. Setidaknya ada enam komponen pada brake lamp. Berikut komponennya:

            1. Baterai

    Ya, lampu rem ini membutuhkan baterai yang dipasok dari ACCU. Komponen satu ini yang menyuplai energi untuk menunjang kelistrikan pada kendaraan.

    Salah satunya yakni menyalurkan energi untuk lampu rem, jika diinjak. Pastikan baterai bisa berfungsi dengan baik ya.

            2. Fuse

    Berikutnya adalah Fuse atau bisa juga disebut sekering. Komponen satu ini berfungsi untuk mencegah adanya korsleting pada kelistrikan kendaraan.

    Misalnya saja apabila ada energi atau tenaga yang begitu besar atau hubungan arus pendek. Maka, sekering otomatis akan putus sehingga komponen lain pada lampu rem tidak terkena dampaknya.

            3. Pedal rem

    Komponen yang satu ini jelas penting sekali. Pedal rem merupakan alat untuk menginjak rem dan mengaktifkan lampu.

            4. Saklar rem

    Kalau tadi ada sekering, sekarang ada saklar rem. Saklar rem atau brake switch ini merupakan salah satu komponen penting pendukung lampu rem.

    Fungsinya untuk menghubungkan dan memutuskan listrik dari baterai atau sumber tenaga, ke lampu rem. 

    Ada dua tipe saklar rem yakni hidrolik dan mekanik. Untuk saklar hidrolik, dipasang pada master silinder rem. Komponen ini akan terhubung apabila tekanan minyak rem mencapai 0,5  bar sampai 1,5 bar.