Berita

    Featured Image

    Dampak Jarang Membersihkan Kap Mobil

    Kondisi kap mobil seringkali terabaikan oleh pengguna mobil, padahal bagian ini sangatlah penting. Anda sebaiknya merawat dan membersihkan kap mobil secara rutin demi menjaga performa mobil tetap baik. 

    Membiarkan kap mobil dalam kondisi kotor dan tidak dibersihkan bisa memberi banyak efek negatif. Mari cari tahu apa saja dampak yang bisa muncul agar Anda lebih rajin membersihkan bagian tersebut. 

    Dampak yang Muncul Jika Jarang Membersihkan Kap Mobil

    Kap mobil merupakan bagian luar dari kendaraan yang memiliki fungsi penting. Komponen ini akan menutup dan melindungi bagian mesin mobil Anda. Seringkali area kap mobil ini kotor apalagi jika mobil digunakan dengan intensitas tinggi. 

    Jika Anda jarang membersihkan area kap mobil, maka ada beberapa dampak yang harus Anda hadapi. Berikut ini dampak yang muncul apabila kap mobil dibiarkan kotor dan tidak terawat dengan baik. 

    • Risiko Overheat Mesin

    Mesin mobil menghasilkan suhu yang cukup tinggi ketika bekerja. Itulah mengapa dibutuhkan ventilasi udara yang bekerja efektif agar suhu tinggi tersebut tidak mengumpul di area mesin dan menjadi overheat

    Namun hal ini tidak bisa terjadi jika kap mesin Anda dalam kondisi kotor. Tumpukan kotoran, debu, maupun residu lain yang ada di bagian kap mobil akan mengurangi ventilasi udara di area mesin. 

    Hal ini kemudian menyebabkan mesin jadi lebih mudah panas. Jika terjadi overheat atau panas berlebih maka mesin mobil bisa jadi rusak. Apalagi jika kondisi ini terjadi terus-menerus untuk waktu yang cukup lama. 

    • Tumpukan Debu dan Kotoran Semakin Tebal

    Tentunya kap mobil yang jarang dibersihkan akan terlihat buruk dan sangat kotor. Tumpukan debu dan kotoran jadi semakin tebal. Ini akan membuat estetika mobil Anda jadi terlihat jelek. 

    Perlu diketahui juga bahwa tumpukan debu dan kotoran yang sudah terlalu lama bisa jadi sangat sulit untuk dibersihkan. Belum lagi jika nanti akan muncul jamur di area tersebut karena tidak dilakukan proses pembersihan yang tepat. 

    • Risiko Kerusakan Engsel Kap Mesin

    Dampak lain yang bisa muncul jika Anda jarang membersihkan kap mobil adalah kerusakan pada bagian engsel. Debu dan kotoran bisa saja menumpuk di bagian engsel, jika tidak dibersihkan maka kap mobil akan sulit dibuka dan ditutup. 

    Apabila nanti engsel kap mesin mobil Anda rusak, maka akan ada efek negatif lain yang muncul. Kerusakan engsel ini membuat kap mesin tidak bisa tertutup dengan baik. Pada akhirnya beragam jenis partikel bisa masuk ke ruang mesin. 

    • Muncul Karat

    Tumpukan debu dan kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik pada akhirnya bisa memicu munculnya karat. Tentu saja masalah karat ini patut diwaspadai karena bisa memicu kerusakan-kerusakan yang lain. 

    karat pada kap mobilFreepik.com

    Karat pada area kap mobil bisa merembet ke bagian mesin mobil Anda. Jika area ruang mesin ini berkarat maka bisa saja terjadi kerusakan berat yang merugikan mobil dan butuh perbaikan dengan biaya tinggi. 

    • Penurunan Performa Mesin

    Kebiasaan tidak membersihkan kap mobil secara rutin pada akhirnya bisa memicu penurunan performa mesin mobil itu sendiri. Jika performa mesin sudah menurun maka mobil tidak bisa dikendarai dengan nyaman lagi. 

    Saat performa mesin menurun, mobil tidak bisa melaju secara optimal. Bahkan bisa saja hal ini menyebabkan kerusakan-kerusakan lain yang sangat fatal.