Berita

    Ini Dia Tips Agar Mengendarai Mobil dengan Aman pada Saat Hamil

    Selama masa kehamilan, kondisi fisik seorang wanita akan menjadi lebih rentan dan mudah merasa lelah. Dengan demikian, aktivitas yang bisa dilakukan juga akan sangat terbatas.

    Jika sebelumnya, mengemudikan mobil jarak jauh bisa dilakukan dengan sangat mudah, maka saat hamil akan terasa sangat melelahkan. Hal tersebut bisa jadi sangat membahayakan, baik pada sang ibu hamil, janin, maupun pengguna jalan lainnya.

    Oleh sebab itu, simak tips aman menyetir mobil saat hamil berikut agar tetap dapat mengemudi seperti biasa dengan memperhatikan keselamatan selama kehamilan.

    • Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima

    Kondisi fisik dalam keadaan prima berarti sang ibu hamil tidak sedang lelah, mual, atau pusing.

    Sebelum berkendara, ibu hamil dianjurkan untuk memakan makanan sehat dan meminum air mineral dengan cukup. Makanan sehat dan air mineral tersebut juga bisa dibawa sebagai bekal di perjalanan jika diperlukan.

    Meskipun demikian, ibu hamil yang tengah memasuki trimester ketiga tidak begitu disarankan untuk menyetir mobil. Waktu yang dianggap aman bagi ibu hamil untuk mengemudi adalah di minggu ke 18 sampai 24.

    Jika terpaksa berkendara saat usia kandungan cukup tua, ibu hamil disarankan untuk membawa ponsel dan menelpon orang terdekat atau nomor darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    • Pakai sepatu dan pakaian yang nyaman

    Menyetir mobil saat hamil juga harus memperhatikan kenyamanan pakaian dan sepatu yang dikenakan.

    Pakaian yang nyaman dengan bahan kain yang halus dan adem serta ukuran yang pas membuat ibu hamil menjadi lebih leluasa bergerak dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. 

    Ibu hamil juga disarankan memakai sepatu yang nyaman dan tanpa hak, termasuk saat menyetir agar lebih mudah ketika menginjak rem, gas, maupun turun dari mobil.

    • Perhatikan posisi menyetir

    Tips aman menyetir mobil saat hamil selanjutnya yaitu tidak memposisikan badan terlalu dekat dengan setir mobil saat berkendara. Goncangan dari setir, terutama jika berada di jalanan yang berlubang dikhawatirkan akan mengenai perut.

    Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya duduk dengan tegap dan memberi jarak 25 cm dari badannya ke setir mobil. 

    • Gunakan sabuk pengaman

    Menggunakan sabuk pengaman selama menyetir mobil saat hamil juga memiliki trik tersendiri. Ibu hamil dilarang untuk memasang sabuk pengaman tepat di atas perut agar tidak tertekan.