Berita

    Kenali Manfaat Dari Engine Flush Pada Mesin Mobil

    Agar menjaga kualitas mesin kendaraan bermotor, oli harus selalu rutin diganti sesuai jadwalnya. Sayangnya, tidak banyak bengkel yang menggunakan engine flush dalam pergantian oli tersebut.

    Pada faktanya, mereka kerap menggunakan cara-cara yang salah. Seperti menyemprotkan mesin oli dengan menggunakan kompresor. Cara tersebut masih dianggap tidak efektif jika dibandingkan dengan menggunakan cairan tersebut.

    Jika seperti itu, lantas apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara penggunaannya yang benar? Maka dari itu, artikel ini akan mengupas tuntas tentang benda cair nan ajaib tersebut. 

    Pengertian dan Manfaat Engine Flush

    Bagi orang awam, bend aini kerap dianggap sebagai salah satu komponen dari mesin kendaraan. Nyatanya, ini adalah cairan yang diterapkan sebelum mengganti oli kendaraan. Sebab, cairan ini berfungsi untuk membersihkan kerak-kerak membandel pada mesin kendaraan.

    Kerak itu dapat Anda intip dari lubang penggantian oli. Jika terlihat telah coklat kehitaman, itulah pertanda saat yang tepat dalam menggunakan cairan ini.

    Perubahan warna tersebut diakibatkan oleh oksidasi. Uap Tinggi yang dihasilkan dari proses pembakaran pada mesin kendaraan menimbulkan sebuah deposit. Dengan demikian, output itulah yang kerap disebut orang-orang dengan istilah Oil Sludge.

    Namun, benda ini juga memiliki dua fungsi lain, yaitu menjadikan mesin mobil tetap halus. Cairan ini telah merontokan kerak-kerak yang menghalangi kinerja mobil. Maka dari itu, tarikan mobil Anda akan terasa lebih ringan karena mesin tidak lagi terhalang oleh kotoran.

    Tak hanya itu saja, dengan engine flush mobil, bagian-bagian mesin lainnya akan dapat bekerja dengan sempurna. Hal itu karena setiap mesin akan saling bekerja sama untuk menghidupkan mobil. Maka dari itu mesin-mesin yang lain akan terhindar dari pergerakan yang berlebihan yang dikhawatirkan akan merusak komponen tersebut. 

    Waktu yang Tepat dalam Menggunakannya

    Engine Flush memiliki manfaat yang baik bagi kinerja mesin kendaraan Anda. Namun, Anda harus memperhatikan waktu penggunaannya.

    Terdapat 2 (dua) pilihan waktu dalam penggunaannya. Cairan ini dapat digunakan pada setiap pergantian oli kendaraan. Hal itu untuk menghilangkan sisa-sisa oli lama yang telah menempel. Jangka waktu ini juga berfungsi sebagai alat pengatur volume. Dengan cairan ini, pelumas oli akan menyesuaikan dengan , mesin sehingga tidak berlebihan.