Berita

    Penyebab dan Cara Memperbaiki Kipas Radiator Mobil

    Sedang mencari cara memperbaiki kipas radiator? Sebenarnya, jika punya peralatan sendiri untuk memperbaikinya, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Meski begitu, memperbaiki komponen tersebut tidak bisa dikatakan gampang.

    Kipas radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga kestabilan temperatur mobil. Itu artinya, komponen ini memiliki peranan yang sangat penting.

    Apa Saja Penyebab Matinya Kipas Radiator Mobil?

    Sebelum ke pembahasan cara memperbaikinya, alangkah baiknya kami menjelaskan terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa penyebab matinya kipas radiator. Berikut sudah kami rangkum penyebab-penyebabnya di bawah ini:

    1.  Motor Kipas Tidak Berfungsi dengan Baik

    Motor kipas merupakan komponen yang dapat menggerakkan kipas radiator. Jika komponen ini bermasalah atau tidak berfungsi, maka kipas radiator pun akan mati. Jika permasalahannya pada komponen motor kipas, yang perlu Anda lakukan adalah menggantinya.

    2.  Ada Beberapa Komponen yang Putus

    Kipas radiator juga bisa rusak atau tidak berfungsi akibat hal yang kecil. Salah satunya yaitu karena ada beberapa komponen yang terputus. Adapun komponen-komponen yang dimaksud yaitu seperti drive belt, kabel, maupun sekring.

    Putusnya beberapa komponen pada kipas radiator bisa terjadi karena beberapa hal. Beberapa faktor yang umum dan sering mengakibatkan putusnya komponen tersebut yaitu seperti pemasangan kabel yang kurang tepat. Selain itu juga bisa terjadi karena selip saat mobil dinyalakan.

    Penyebab beberapa komponen pada kipas radiator yang putus juga bisa karena hewan. Contohnya seperti digigit tikus.

    3.  Soket Kendor

    Pemasangan soket yang kurang tepat juga bisa menyebabkan kipas radiator tidak berfungsi. Silahkan Anda cek di bagian soket apakah sudah terpasang dengan kencang atau belum? Jika belum, silahkan kencangkan soket tersebut.

    Selain kurang kencang, usia soket juga bisa mempengaruhi kualitas kekuatannya. Jika soket sudah cukup tua, maka tidak menutup kemungkinan akan kendor. Jika soketnya bermasalah karena faktor usia, sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

    Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator

    Setiap pemilik mobil sedikitnya harus paham bagaimana cara mengatasi kipas radiator yang tidak berfungsi. Pasalnya, kondisi ini bisa terjadi ketika mobil sedang Anda gunakan di perjalanan. Berikut beberapa cara mengatasinya.

    1.  Cek Relay Motor Fan