Berita

    Ketahui Alasan Kaca Mobil Menggunakan Bingkai Warna Hitam

    Apakah Anda pernah memperhatikan bingkai pada kaca mobil? Jika pernah, pernahkah terlintas di benak Anda mengenai mengapa kaca mobil bingkai warna hitam selalu menjadi pilihan pabrik mobil menggunakannya?

    Coba Anda perhatikan kaca mobil, di bagian pinggir kaca depan terdapat bintik-bintik hitam yang mengelilingi seluruh kaca. Istilah yang digunakan untuk menyebut bintik tersebut adalah frit. Bagian ini seringkali tidak diperhatikan padahal ini menjadi salah satu pelindung kaca mobil.

    Seperti yang kita ketahui bahwa kaca sangat sulit menempel pada material tertentu. Kaca mobil bagian depan memiliki keamanan khusus untuk kendaraan seperti mobil. Tanpa adanya fit, kaca mobil bagian depan akan sulit ditempelkan pada bodi lapisan besi. Inilah yang menjadi kegunaan dari adanya frit.

    Sebelum dipasang mengelilingi kaca mobil, frit terlebih dahulu dipanaskan agar kaca lebih mudah menempel ke bodi mobil. Frit sendiri memiliki fungsi utama sebagai perekat yang dapat memudahkan kaca menempel melalui permukaan yang kasat. Dapat dikatakan, frit menjadi titik temu antara bingkai kaca dan kaca itu sendiri. 

    Alasan Kaca Mobil Bingkai Warna Hitam

    Pabrik mobil pastinya memiliki alasan tersendiri mengapa harus melakukan pemasangan bagian-bagian tertentu sebelum mobil tersebut digunakan oleh banyak orang. Sama halnya dengan bingkai hitam pada kaca mobil yang memiliki alasan tertentu dipasang pada mobil.

           1. Menyamarkan Pandangan

    Meski yang berwarna hitam adalah bingkainya, ternyata bagian pada kaca ini dapat dijadikan sebagai penghalang pandangan. Sehingga bagian dalam mobil tidak mudah terlihat dari orang yang berada di luar mobil. 

           2. Penyerap Panas

    Seperti yang telah kita ketahui bahwa hitam menjadi warna yang dinilai mudah menyerap panas. Hal ini juga berlaku pada penerapan warna hitam sebagai bingkai kaca mobil.

    Mobil seringkali bepergian di bawah panas teriknya matahari yang membuat pengendara maupun penumpang merasa kegerahan. Bingkai hitam inilah yang berfungsi sebagai penyerap panas. Biasanya kaca mobil bingkai warna hitam tersebut disertai corak seperti titik-titik.

    Dengan adanya bingkai hitam pada kaca mobil, Anda juga dapat terlindungi dari radiasi sinar matahari yang tidak baik bagi tubuh. 

           3. Cegah Kerusakan pada Karet

    Kaca yang mampu melindungi Anda dari sinar matahari memiliki karet pada bagian penahannya yang bernama karet urethane. Usia pakai kendaraan membuat karet ini mudah rusak. Namun, hal ini dapat dicegah dengan adanya bingkai hitam atau frit.