Berita

    Ketahui Apa Saja Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

    Jalan tol keberadaannya dikhususkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di perkotaan. Selain dapat memudahkan pengemudi saat melakukan perjalanan dan mempersingkat waktu jarak tempuh, lengangnya berkendara di jalan tol terkadang membuat para pengemudi sulit mengontrol kecepatan dalam berkendara guna mempercepat perjalanan. Karena hal inilah, tidak heran jika kita sering mendengar berita mengenai kecelakaan di jalan tol.

    Kecelakaan yang terjadi di jalan tol ini sebagian besar terjadi karena kelalaian pengemudi. Misalnya, pengemudi yang tidak mematuhi aturan berkendara, kondisi pengemudi yang mengantuk, juga pengemudi yang kurang fokus dan konsentrasi di jalan. Selain faktor kelalaian pengemudi, faktor cuaca juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Seperti halnya kabut tebal saat hujan yang mengganggu penglihatan dan jarak pandang pengemudi, juga kondisi jalan yang licin sehabis hujan yang kerap kali menyebabkan kendaraan jadi mudah tergelincir.

    Beberapa faktor yang berpotensi menyebabkan kecelakaan tersebut bisa saja merenggut korban jiwa. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk selalu menjaga kecepatan dan lajur kendaraan mereka agar aman selama melakukan perjalanan.

    Simak beberapa tips aman berkendara di jalan tol berikut:

    1. Selalu Pakai Sabuk Pengaman (Safety Belt)

    Hal utama yang wajib dilakukan pengemudi ataupun penumpang adalah menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara. Hal ini pun sudah tertuang dalam peraturan berkendara di Indonesia dan akan ada sanksi atau hukuman yang berlaku bagi pengemudi yang tidak mematuhi peraturan tersebut. Namun sayangnya, ternyata masih banyak pengemudi ataupun penumpang yang menyepelekan hal ini. Padahal, sabuk pengaman ini pada dasarnya digunakan untuk memberikan keamanan pada pengemudi ataupun penumpang. Juga untuk mengurangi terjadinya luka yang lebih serius jika terjadi kecelakaan lalu lintas, baik di jalan tol maupun jalan raya.

    2. Fokus dalam Berkendara

    Tetap tenang dan fokus adalah dua hal yang sangat penting saat berkendara, terlebih di jalan tol. Kehilangan fokus ketika berkendara di jalan tol sangat rentan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan yang fatal karena kecepatan mobil yang tinggi. Apalagi jika berkendara pada saat cuaca yang tidak bagus dan kurang mendukung.

    3. Patuhi Batas Kecepatan

    Mengemudi di jalan bebas hambatan sama halnya dengan berkendara di jalan raya pada umumnya yang harus mematuhi batas kecepatan yang ditentukan. Hanya saja, batas maksimal kecepatan yang diperbolehkan di jalan tol memang lebih tinggi dibandingkan dengan di jalanan perkotaan. Meski hal ini, bukan berarti pengendara bebas mengemudi dengan melebihi kecepatan yang diperbolehkan lho.