Berita

    Ketahui Cara Membersihkan Headlamp Bagian Dalam yang Benar

    Ketika Anda melakukan pengecekan atau ingin membersihkan mobil, pernahkah Anda mengalami keadaan dimana bagian dalam headlamp kotor sehingga warnanya menjadi kusam? Inilah saatnya untuk Anda membersihkan headlamp bagian dalam. Bagaimana cara untuk membersihkan? Tentunya ada cara khusus untuk membersihkannya, simak caranya berikut ini.

    Ingat, jangan menyepelekan bila headlamp kotor karena bagian mobil satu ini memiliki peran penting, terutama saat cuaca buruk atau kondisi gelap. Ketika kotor, lampu tidak bisa berfungsi secara maksimal karena tidak seterang biasanya. Keadaan ini tentunya bisa sangat berbahaya bagi Anda sendiri maupun pengguna jalan yang lain.

    Penyebab Headlamp Bagian Dalam Kotor

    Pasti Anda bingung, bagaimana bisa bagian dalam headlamp bisa kotor padahal tidak terkena apapun. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan mengapa bagian dalam headlamp bisa kotor:

            1. Percikan Air Hujan

    Tanpa disadari, terkadang cipratan air hujan bisa masuk ke dalam headlamp dari celah yang ada di lampu mobil. Ketika kondisi ini terjadi, air hujan mongering dan akan menimbulkan noda di bagian dalam headlamp.

            2. Jamur

    Karena Anda jarang membersihkan bagian dalam headlamp, maka kemungkinan akan tumbuh jamur. Makin sering Anda tidak membersihkan kaca, maka akan semakin buram. Untuk itu, sangat diperlukan proses pembersihan secara rutin pada bagian ini. 

            3. Kualitas Kaca Menurun

    Terkadang bukan hanya faktor kebersihan yang menjadi alasan kenapa headlamp terlihat kotor. Ini bisa terjadi karena kualitas yang menurun entah karena goresan atau benturan.

    Cara Membersihkan Headlamp Bagian Dalam

    Saat Anda melihat headlamp kotor, segera cari cara untuk bisa membersihkan headlamp bagian dalam ini. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

            1. Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

    Ini hal pertama yang perlu disiapkan sebelum memulai aksi membersihkan headlamp bagian dalam. Peralatan yang perlu disiapkan adalah tang, air, pembersih kaca, hairdryer, obeng, shampoo mobil, dan stop kontak.

            2. Menyalakan Hairdryer

    Mengapa butuh hairdryer? Anda membutuhkan alat ini untuk melepas kaca penutup lampu mobil. Sedikit tips untuk Anda, panaskan penutup lampu sampai hangat agar kaca memuai dan mudah dilepaskan.