Berita

    Ketahui Fungsi Power Window Mobil

    Power window mobil adalah sistem di mana teknologi elektronik dan mekanik bergabung dan menghasilkan suatu energi untuk mengoperasikan kaca jendela di mobil.

    Sistem ini memudahkan pengguna mobil untuk mengontrol kaca jendela. Terletak di setiap sisi pintu, penumpang dan pengemudi dapat menaikkan atau menurunkan jendela. Sistem ini memiliki tombol yang mana Anda bisa mengoperasikan jendela kaca dengan menekannya. 

    Walaupun tidak berhubungan dengan mesin, sistem ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan dari fitur yang tersedia. Apa saja hal yang ada pada sistem ini?

    Fungsi Power Window Mobil

    Fungsi sistem ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu memudahkan pengoperasian kaca jendela mobil. Kenyamanan ini hadir karena pengguna kendaraan cukup menekan tombol yang tersedia untuk menutup atau membuka kaca jendela.

    Terlebih lagi, sistem ini dapat menghemat waktu pengemudi jika sedang berkendara dengan anak-anak dan mengamankan kendaraan. Terdapat fitur dari sistem ini yang dapat mengunci kaca jendela demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Sistem ini mulai tersedia pada setiap mobil keluaran baru. Anda tidak akan bisa menemukan teknologi ini pada mobil tua.

    Fitur yang Ada

    Ada berbagai macam fitur dari regulator kaca mobil yang bergantung pada teknologi dan kebutuhan yang diinginkan.

    • Manual Up dan Down

    Manual Up dan Down memungkinkan pengendara mobil untuk menaikkan kaca (menekan tombol ke atas) dan menurunkan kaca (menekan tombol ke bawah) secara manual.

    • Auto Down

    Mirip seperti fitur pertama, Anda bisa memakai fitur Auto Down untuk menaikkan kaca secara manual. Namun, untuk menurunkan kaca, Anda cukup menekan tombol sekali saja. Secara otomatis, kaca akan terbuka penuh.

    • Auto Up dan Down

    Dengan fitur Auto Up dan Down, Anda dapat menaikkan atau menurunkan kaca jendela mobil secara otomatis dengan menekan tombol sekali sentuh saja. Fitur ini biasanya terdapat pada sisi pengemudi saja.

    • All Auto Up dan Down

    Fitur power window mobil ini bisa mengoperasikan semua kaca jendela pada mobil melalui sopir. Tombolnya bisa dipasang pada tiap pintu mobil. Anda cukup menekan tombol yang ada untuk mengoperasikan kaca jendela.

    • Window Lock 

    Fitur ini berfungsi untuk mengunci semua operasi pada regulator kaca mobil. Setelah tombol ditekan, fitur akan mengunci seluruh operasi melainkan pada sisi pengemudi. Window Lock berperan sebagai pengaman agar anak-anak tidak memainkan kaca jendela mobil.

    • Jam Protection