Berita

    Ketahui Penyebab Oli Mesin Mobil Berkurang

    Banyak faktor yang membuat oli mesin mobil berkurang dengan cepat. Hal ini bisa diketahui berdasarkan gejala yang terlihat pada mobil. Dikarenakan pentingnya peranan oli bagi mobil, jangan anggap remeh ketika jumlah penguapan oli lebih banyak dari sebelumnya. 

    Lalu, apa saja yang bisa membuat oli mesin mobil tersebut bisa cepat menguap? Berikut ulasannya!

    Oli Mesin Mobil Berkurang Terus? Ini Penyebabnya!

    Sebagai informasi, penguapan oli tersebut umumnya sekitar 10% dari total volume oli. Apabila lebih, maka Anda harus segera mencari tahu penyebabnya agar bisa menemukan solusi yang tepat. Beberapa penyebab yang membuat oli mesin berkurang diantaranya adalah:  

    • Kualitas Oli Mesin Kurang Bagus

    Hal pertama yang menyebabkan oli mesin mobil cepat menguap adalah dari kualitas oli yang digunakan. Oli yang berkualitas tidak akan cepat panas saat digunakan. 

    Hal ini membuat mesin mobil juga tidak cepat panas sehingga oli menjadi awet dan tidak cepat berkurang atau habis. Sebaliknya, oli yang tidak berkualitas akan cepat sekali panas dan mudah memuai sehingga oli pun cepat berkurang. 

    Sebab, mesin mobil yang bekerja dalam kondisi panas sementara oli yang digunakan ternyata tidak tahan terhadap panas akan membuat oli cepat kering. 

    Pemilihan oli yang kurang bagus ini rawan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil, apalagi jika mobil kerap digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Jadi, pertimbangkan untuk membeli oli mesin yang berkualitas. 

    • Kondisi Mesin Kurang Prima

    Penyebab kedua adalah kondisi mesin mobil yang kurang prima karena adanya kerusakan di beberapa komponen, antara lain: 

    • Seal Mesin Bocor

    Komponen yang kerap bermasalah dan membuat oli mesin cepat berkurang adalah adanya kebocoran pada seal mesin. 

    Umumnya, kerusakan ini terjadi akibat masa pemakaian yang cukup lama sehingga membuat seal mesin mengeras dan mengalami robek. 

    Hal ini bisa diketahui dengan cara mengecek kondisi seal di bagian sambungan mesin. Jika terjadi rembesan oli di lokasi tersebut, itu artinya seal mesin mobil Anda mengalami kerusakan.

    • Ring Piston Atau Seher Rusak

    Komponen kedua yang membuat oli mesin mobil berkurang adalah kerusakan yang terjadi pada ring seher atau piston, yaitu komponen penahan oli yang ada pada ruang pembakaran.