Berita

    Ketahui 6 Jenis Wiper Kaca Mobil dan Cara Merawatnya

    Apakah anda sedang mencari wiper kaca mobil yang cocok? Jika iya, artikel ini akan sangat cocok karena akan membahasa mengenai jenis wiper mobil dan bagaimana cara merawat wiper kaca yang baik dan benar. 

    Ada pun beberapa jenis dari wiper mobil yang perlu Anda ketahui:

    1. Wiper Full Frame

    Jenis wiper ini merupakan jenis yang biasa digunakan oleh banyak tipe mobil pada umumnya sehingga bisa juga disebut sebagai standar wiper. Biasanya, jenis wiper ini memiliki daya tahan yang kuat karena terdapat gagang besi yang menyertainya. Sehingga banyak sekali pengguna mobil yang memilih jenis wiper ini. 

    Kelebihan dari wiper kaca full frame ini tidak hanya terletak pada daya tahan yang kuat, akan tetapi juga kemampuan kinerja ketika menyapu kaca sangat bisa diandalkan. Akan tetapi, dengan adanya gagang besi ini juga memberikan efek yang berbahaya ketika karet pada wiper sudah semakin menipis.

            2. Wiper Konvensional

    Wiper Konvensional merupakan jenis wiper yang terdiri atas karet dan bracket. Anda bisa menemui jenis wiper ini pada jenis mobil keluaran lama. 

            3. Wiper Flat Blade

    Wiper jenis ini memiliki beban yang ringan dengan penyangga kecil yang terletak di tengah – tengahnya. Komponen yang mendominasi wiper flat blade ini adalah bahan karet. Sapuannya sangat bersih karena terdapat besi pipih yang terselip di dalam wiper sehingga wiper menjadi kuat. 

            4. Wiper Hibrida

    Wiper hibrida merupakan jenis wiper yang tergabung atas wiper flat – blade dan wiper konvensional. Komponennya terdiri atas holder plastik dan bracket. Bagi anda yang sedang mencari wiper jenis konvensional dengan kinerja yang optimal, maka wiper jenis ini sangatlah cocok. 

            5. Wiper Refill

    Seperti namanya, wiper refill merupakan jenis wiper yang tersedia ke dalam bentuk isi ulang. Apabila wiper sudah mulai terlihat rusak atau menipis, Anda hanya perlu mengganti karetnya. Akan tetapi hal yang perlu Anda ingat adalah soal ukuran karet yang mana harus sesuai dengan ukuran kerangkanya. 

            6. Wiper Frameless

    Wiper Frameless merupakan jenis wiper yang memiliki material plastik pada bagian bingkainya.  Anda tidak usah khawatir akan risiko lecet karena jenis wiper ini memiliki tekstur yang lembut. 

    Hal yang harus Anda perhatikan adalah ketika karet pada wiper sudah mulai menipis segeralah menggantinya. Dalam proses penggantiannya membutuhkan biaya yang lebih karena Anda harus membeli secara total seluruh komponennya.  

    Cara Merawat Wiper Mobil