Berita

    Ketahui Solusi AC Mobil Bikin Hemat BBM

    Hemat AC mobil adalah suatu hal yang sering disepelekan orang-orang. Padahal dengan berhemat AC, maka semakin hemat pula Bahan Bakar Mobil (BBM). Dengan demikian, maka pengeluaran yang Anda perlukan untuk BBM bisa menjadi semakin efisien. 

    Anda pastinya tertarik dengan gagasan hemat BBM ini. Maka dari itu, ayo pelajari solusi supaya AC bisa hemat BBM! Tidak perlu khawatir, karena cara-cara di dalam solusi tersebut mudah untuk dilakukan. Jadi, lekas ikuti informasinya di dalam artikel satu ini!

    Langkah Hemat AC Mobil untuk Efisiensi BBM

    Ketika AC Anda hidupkan, maka kinerja mesin menjadi semakin berat. Ini berimbas pada konsumsi bensin yang semakin banyak. Maka demikian, supaya Anda bisa lebih hemat dalam menggunakan AC supaya BBM semakin efisien, sebaiknya ikuti poin-poin berikut:

    • Menaikkan Suhu Ketika Kabin Mobil Telah Dingin

    Jika suhu di dalam kabin mobil Anda rasakan sudah dingin, Anda dapat lekas menaikkan lagi suhu air conditioner menjadi lebih tinggi. Dengan begitu, performa kompresor AC mobil dapat sedikit santai sehingga konsumsi BBM lebih hemat. 

    Masih berada dalam konteks serupa, ketika melintasi jalanan atau area yang dingin atau memiliki temperatur rendah, misalnya pegunungan, Anda bisa lebih hemat AC mobil dengan mematikannya, lalu membuka jendela-jendela yang ada. 

    • Menempatkan Mobil di Lokasi yang Teduh

    Supaya bisa berhemat bahan bakar, sebaiknya selalu upayakan untuk memarkir mobil di lokasi teduh khususnya ketika cuaca tengah panas. Hal ini perlu Anda lakukan agar ketika AC dihidupkan pertama kalinya bisa bekerja lebih ringan di tengah cuaca panas. 

    • Membuka Jendela Mobil Sebelum Menghidupkan AC

    Untuk hemat AC mobil, Anda lebih baik membuka jendela dulu sebelum menghidupkan pendingin tersebut. Ini berguna agar udara bertemperatur tinggi di dalam kabin bisa keluar lebih instan.

    Setelah suhu udara di dalam kabin mobil menjadi netral, barulah Anda bisa menyalakan AC supaya sejuk. Cara satu ini pun dapat meringankan performa AC sebagai pendingin, sebab temperatur di dalam kabin tersebut tidak terlalu panas. 

    • Menyalakan Blower Terendah

    Walaupun blower tidak memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil secara langsung, menggunakan yang terendah bisa memberikan Anda temperatur mobil yang rendah atau dingin.