Berita

    Ketahui Tips Agar Aki Mobil Awet

    Semua pengguna mobil sudah pasti senang jika mendapati aki mobil awet hingga melebihi batas waktunya. Dengan begitu, pengeluaran untuk memperbaharui komponen kelistrikan tersebut bisa ditunda hingga beberapa waktu ke depan.

    Walaupun demikian, seringkali perlakuan mereka pada mobil tidak sejalan dengan keinginan. Misalnya, menginginkan aki awet namun memasang aksesoris mobil berlebihan, dan masih banyak lagi.

    Mengetahui hal tersebut, Anda sebaiknya mengetahui sejumlah tips agar aki mobil bisa awet. Dengan begitu, Anda bisa memahami apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak. Namun sebelum membahas tips, ketahui terlebih dahulu berapa lamakah aki dapat bertahan.

    Sampai Kapan Aki Mobil Dapat Bertahan?

    Apabila digunakan stabil, usia aki bisa mencapai dari 1 hingga 3 tahun. Nah, ini merupakan umur rata-rata aki dengan pemakaian normal, begitupun dengan kondisi mobilnya. Namun, bila beban listriknya berlebihan, maka umur aki dapat lebih pendek dari yangs seharusnya.

    Untuk mengetahui umur aki mobil Anda, sebaiknya cek saja tanggal produksinya saat awal membeli, lalu jangan lupa pula untuk memberi tanggal penggantiannya, sehingga Anda bisa mengingat kapankah harus memperbaharui aki supaya masa pemakaiannya teratur.

    Tips Agar Aki Mobil Awet

    Setelah mengetahui berapa lama aki bisa bertahan, sekarang waktunya memahami tips apa saja yang harus dicoba untuk membuatnya awet. Jadi, langsung saja ikuti poin-poin beserta penjelasan berikut:

    • Melakukan Pengecekan dan Pembersihan Kutub Aki

    Tips pertama yang dapat Anda lakukan yaitu mengecek kutub aki. Apabila mendapati kelonggaran, maka segera kencangkan. Apabila terdapat karat, maka sebaiknya cepat bersihkan. Begitupun jika terdapat bubuk putih atau jamur aki.

    Untuk membersihkan jamur aki, Anda dapat menyiram bagian tersebut pelan-pelan dengan air panas. Lakukan sampai benar-benar lenyap, karena kutub yang tertutup jamur atau kotor bisa menyebabkan arus stok listrik tidak bisa maksimal.

    • Rutin Memanaskan Mesin Ketika Jarang Dipakai

    Pemanasan mesin bertujuan supaya aki memeroleh arus listrik kembali. Sebab, jarangnya pemakaian mobil mengakibatkan arus listrik berkurang otomatis. Maka, bila Anda jarang menggunakan mobil, sebaiknya panaskan 2 hari sekali, 5 - 10 menit.

    Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya jangan hanya memanaskan mesin, namun gunakan mobil untuk berjalan-jalan selama beberapa menit. Ini bertujuan supaya proses pelumasan mobil berjalan sempurna dan aki mobil awet.

    • Menghindari Menghidupkan Komponen Elektrik Ketika Mesin Tidak Menyala