Berita

    Pentingnya Mengecek Mesin Mobil Sebelum Membeli Mobil Bekas

    Tidak bisa dipungkiri bahwa performa mesin mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Walaupun demikian, tidak ada salahnya untuk membeli mobil second asalkan mengerti cara mengecek kondisinya secara menyeluruh.

    Jadi, tidak hanya mengandalkan tampilan bodi yang mulus saja, performa mesinnya pun harus diperhatikan. Tidak masalah jika awam dengan pengetahuan seputar mesin mobil.

    Sebab, Anda bisa menyewa jasa inspeksi untuk melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang diinginkan. Lalu, apa saja yang diperhatikan agar mendapatkan mobil bekas yang kondisinya prima? Berikut caranya. 

    Begini Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

    Membeli mobil bekas menjadi solusi tepat bagi yang ingin memiliki kendaraan namun memiliki keterbatasan dana. Agar tidak salah saat membeli mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait performa mesinnya, antara lain: 

    • Ruang Mesin 

    Langkah awal adalah membuka kap mesin dan perhatikan kondisi sekelilingnya. Amati apakah sekitar ruang mesin apakah terdapat perbedaan warna cat. 

    Jika ruang mesin mobil pernah di cat ulang, hal tersebut mengindikasikan bahwa mobil pernah turun mesin. Penyebab mesin diturunkan bisa karena berbagai hal, contohnya karena terkena banjir, bekas tabrakan, dan lain sebagainya.  

    • Suara Mesin 

    Saat mobil dinyalakan, pastikan suara mesinnya terdengar halus, konstan, dan tidak ada hentakan gas. Sebab, semua itu menandakan bahwa kondisi mesin mobil dalam keadaan sehat. 

    Sebaliknya, jika muncul hentakan saat pertama kali dinyalakan, ada kemungkinan terdapat masalah di bagian aki. Atau, bisa juga karena jarang diservis sehingga banyak kotoran yang menghambat kinerja mesin. 

    • Kondisi Mesin 

    Mobil yang sehat dan terawat adalah mobil yang bebas dari segala kebocoran, baik di mesin maupun di bagian selangnya. Itu sebabnya, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengamati setiap bagian mesin mobil.

    Pastikan tidak terlihat adanya rembesan atau kebocoran oli, bahan bakar, dan cairan lainnya. Selain itu, perhatikan juga bagian mur dan baut yang ada pada mesin mobil bekas.

    Jika di bagian ujung baut ternyata cacat atau bahkan terlihat baru, tanyakan mengenai kondisi baut tersebut ke pemilik atau penjualnya.

    Sebab, baut yang cacat bisa jadi dikarenakan adanya oli yang merembes namun ditutupi dengan cara mencuci mesin mobil atau bahkan bautnya diganti dengan yang baru.

    Pixabay