Berita

    Rahasia Menjaga Komunikasi Efektif Saat WFH

    Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, bekerja dari rumah lebih populer daripada sebelumnya. Sebab, kamu bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dengan keluarga. Tugas pun terasa lebih mudah diselesaikan karena adanya fleksibilitas waktu. Akan tetapi, bekerja dari rumah menjadi tantangan berat karena kamu harus bisa menjaga komunikasi efektif saat WFH. 

    Saat work from home, komunikasi dapat menjadi sumber frustasi yang signifikan—terutama bagi banyak pekerja jarak jauh yang baru pertama kali melakukannya. Itu masuk akal. Ketika kamu tidak berada di lokasi yang tepat, dibutuhkan upaya ekstra untuk memastikan anggota tim berada di jalur yang sama dan masih terlibat satu sama lain.

    Lewat ulasan ini, kamu akan mendapatkan beberapa cara yang dapat ditindaklanjuti dan praktis untuk jaga komunikasi yang efektif saat WFH.

            1. Proaktif Dalam Berkomunikasi

    Sangat normal bila ada kekacauan komunikasi dalam tim yang belum terbiasa bekerja dari rumah. Sebab, tiap anggota tidak dapat bertatap muka langsung untuk mendiskusikan sesuatu. 

    Oleh karena itu, saat bekerja dari jarak jauh, penting untuk proaktif dalam menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Kamu harus berkomunikasi dengan anggota tim atau atasan secara teratur untuk melaporkan perkembangan tugas yang diberikan. 

            2. Jadwalkan untuk Komunikasi Harian

    Menjadwalkan komunikasi harian dengan tim sangat penting, karena memungkinkan kamu untuk berkoordinasi dan menyinkronkan prioritas tugas untuk hari itu. 

    Kamu pun bisa meminta anggota tim untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan perhatian ekstra atau mengatasi permasalahan yang terjadi bila ada. 

    Namun, usahakan untuk selalu konsisten dalam berkomunikasi. Misal, kamu selalu meminta rapat di pukul 08.00 pagi setiap hari. 

            3. Hindari Mikro Manajemen

    Seringkali dalam kontak pribadi di kantor, seorang supervisor dapat memeriksa tugas anggotanya beberapa kali sepanjang hari. Mendatangi kursi karyawan beberapa kali untuk mengecek jika tugas yang diberikan sudah selesai dikerjakan. 

    Namun, hal tersebut tidak boleh terjadi dalam pekerjaan jarak jauh karena dapat mengganggu. Bahkan, bisa mengirimkan pesan yang salah tentang kepercayaan supervisor pada tim. Lebih baik untuk menetapkan tugas harian dan menindaklanjuti sekali dalam sehari.