Berita

    Simak Cara Mudah Merawat Sensor Kamera Parkir pada Mobil

    Sensor kamera parkir menjadi salah satu fitur penting yang dimiliki oleh mobil-mobil masa kini. Sensor ini akan membantu pengemudi agar bisa parkir lebih mudah dan cepat. Mari kenali lebih jauh cara merawat sensor tersebut agar berfungsi optimal. 

    Tentang Sensor Kamera Parkir

    Komponen satu ini memiliki fungsi sesuai dengan namanya. Sensor kamera ini bekerja untuk memudahkan proses parkir kendaraan. Jadi pengemudi bisa mendapatkan arahan yang tepat dan jelas saat parkir. 

    Sensor ini umumnya akan dipasang di bagian belakang kendaraan. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi benda-benda atau objek yang menghalangi bagian belakang mobil saat parkir. 

    Sensor parkir pada mobil akan dilengkapi sebuah kamera infrared. Nantinya sensor ini akan mendeteksi objek paling dekat mana yang ada di bagian belakang mobil. Kemudian alat ini akan mengirim sinyal bunyi ke monitor LCD di head unit

    Berkat alat ini, pengemudi bisa lebih mudah melihat area belakang mobil secara leluasa. Pengemudi dapat melihat apa yang ada di belakang mobil dan menentukan apakah aman jika parkir di tempat tersebut. 

    Perlu diketahui bahwa sensor parkir ini benar-benar membantu para pengemudi khususnya pengemudi pemula. Apalagi yang masih belajar parkir dan sering menabrak di bagian belakang. 

    Cara Merawat Sensor Kamera Mobil untuk Parkir

    Sensor kamera parkir ini merupakan perangkat elektrik yang tentu saja mudah rusak. Apalagi jika Anda tidak menerapkan cara perawatan yang benar. Berikut ini langkah-langkah merawat sensor parkir yang dapat Anda lakukan:

            1. Jaga Kebersihan

    Pertama-tama, pastikan untuk menjaga kebersihan bagian kamera dan sensor parkir. Dipasang di bagian belakang mobil, sensor parkir ini sangat mudah kotor oleh debu, lumpur, dan lain sebagainya. 

    Kalau komponen atau bagian dari sensor tertutup debu dan kotoran maka secara otomatis kinerjanya jadi menurun. Sensor jadi kesulitan mendeteksi adanya objek di belakang kendaraan saat parkir. 

    Itulah mengapa Anda sebaiknya memeriksa bagian sensor ini secara rutin. Pastikan sensor selalu dalam kondisi bersih supaya bisa menangkap objek dengan optimal dan memberi peringatan yang tepat. 

            2. Lakukan Cara Pembersihan yang Tepat

    Pastikan untuk tidak asal-asalan saat membersihkan sensor parkir. Sebaiknya bersihkan sensor dengan lap lembut yang bersih. Selain itu jangan membersihkan sensor dengan menekannya terlalu keras.