Berita

    Simak Cara Perawatan Pada Ban Serep Mobil

    Merawat ban serep mobil menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara teratur. Pada dasarnya, setiap kendaraan roda empat umumnya dibekali dengan ban cadangan atau ban serep. Ban serep diperlukan untuk mengganti ban mobil yang mengalami pecah atau bocor di perjalanan. 

    Ban serep umumnya berada di bagasi belakang, pintu belakang dan kolong mobil. Meskipun terlihat terlindungi dengan baik, namun ban serep juga memerlukan perawatan sehingga kondisinya tetap baik ketika dibutuhkan. 

    Cara Merawat Ban Serep Mobil 

    Agar ban serep yang Anda miliki dapat digunakan saat dibutuhkan, berikut beberapa tips untuk merawat ban serep yang dapat diikuti, antara lain:

            1. Cek tekanan air berkala

    Meskipun tidak sering digunakan, namun bukan berarti kita tidak perlu mengecek tekanan angin yang dimilikinya. Tekanan angin yang menurun pada ban serep dapat dikarenakan pori-pori permukaan karet ban.

    Sehingga, agar ban serep selalu mempunyai tekanan yang pas saat akan digunakan, Anda dapat melakukan pengecekan tekanan angin minimal sekali setiap bulan. 

            2. Rutin melakukan rotasi ban

    Perlu diketahui, elastisitas yang dimiliki ban serep dapat berkurang bila jarang dipergunakan, bahkan karet yang dimilikinya juga menjadi lebih keras sehingga putarannya menjadi kurang maksimal ketika digunakan. 

    Untuk merawat ban serep mobil dan dapat mencegah hal diatas, lakukan rotasi ban serep dengan rutin, Anda dapat mengganti ban dengan keempat ban yang sering digunakan, sehingga elastisitas ban dapat terjaga dengan baik. 

            3. Perhatikan usia ban

    Usia ban dapat mempengaruhi kualitas dari ban serep. Batasan penggunaan usia ban sampai 4 tahun dari tanggal produksi. Bila ban serep yang Anda miliki memiliki usia lebih dari 4 tahun, lebih baik ganti ban serep dengan yang baru. 

    Sayangnya, tidak semua pemilik kendaraan mobil memperhatikan hal ini. Tidak sedikit pemilik kendaraan yang beranggapan karena ban serep yang mereka miliki tidak pernah digunakan, dapat digunakan hingga bertahun-tahun. 

    Padahal, meskipun tidak pernah digunakan atau jarang digunakan, tetap saja kualitas ban serep tersebut akan berkurang. Oleh sebab itu, perhatikan usia ban dengan baik. 

            4. Bersihkan ban serep dengan teratur