Berita

    Simak Keunggulan dari Ban Tubeless Pada Mobil

    Ban tubeless mobil sebelumnya tersedia sebagai fitur tambahan pada ban. Namun saat ini, baik membeli ban secara offline maupun online, ban tubeless dipandang sebagai sebuah kebutuhan. Nah, sebenarnya apa sih ban tubeless itu? Istilah "ban tubeless" mengacu pada ban tanpa ban dalam, berbeda dengan ban pneumatik konvensional yang masih memiliki ban dalam. 

    Keputusan untuk membeli ban tubeless atau ban tube biasanya pasti akan membuat Anda ragu-ragu. Ban tubeless sekarang menjadi lebih populer karena keunggulannya cukup banyak. Simak lebih lanjut.

    Apa Itu Ban Tubeless Mobil?

    Di sini, kata "tubeless" mudah dikenali. Ban yang tidak termasuk tabung, tetapi memiliki lapisan dalam yang terpasang tepat di dalamnya. Di sini, katup ban tubeless secara permanen ditempelkan ke pelek atau alloy, menciptakan segel yang rapat di antara keduanya. Sederhananya, ruang antara ban dan pelek diisi dengan udara.

    Bagaimana Cara Kerja Ban Tubeless?

    Ban ini membuat penggunanya tidak repot isi udara atau mengecek tekanannya karena kedua hal itu sudah tidak lagi diperlukan. Ban ini tidak akan mengalami masalah apabila tertembus paku atau benda tajam lainnya karena memang dirancang tanpa udara sehingga tidak mungkin kempis.

    Keunggulan Ban Tubeless Mobil

            1. Keamanan

    Memiliki ban dalam yang terpisah sering kali membuat ban kerap bocor. Ketika ban tabung bocor, ban tersebut pecah, yang dapat menyebabkan udara keluar dan menyebabkan kendaraan kehilangan kendali. Sebaliknya, ban mobil tubeless jauh lebih aman dan tidak memerlukan ban dalam. 

    Karena sambungan kedap udara antara pelek dan dinding, jika terjadi kebocoran, udara tidak keluar dari ban dengan kecepatan yang sebanding dengan kecepatan ban tabung. Akibatnya, mobil Anda dapat berjalan sedikit lebih jauh sebelum ban pecah.

            2. Liquid Sealant

    Belilah ban yang nyaman untuk mobil Anda. Keunggulan ban tubeless mobil adalah Anda dapat dengan mudah menyuntikkan cairan sealant ban jika ban bocor. 

            3. Dapat Berjalan pada Tekanan yang Lebih Rendah

    Saat mengemudi dengan tekanan rendah, udara di dalam tabung merevisi tekanannya, meningkatkan kemungkinan bahwa tabung akan terjepit oleh roda dan menyebabkan tusukan. Karena ban tubeless tidak mematuhi aturan ini, Anda bebas mengoperasikan kendaraan Anda pada tekanan rendah.