Berita

    Featured Image

    Tanda-tanda Ada Bagian yang Konslet pada Mobil

    Masalah konslet pada mobil sering kali terjadi namun banyak dari pengemudi yang kadang tidak menyadarinya. Teknologi dalam bidang otomotif semakin canggih, mobil keluaran sekarang sudah mengandalkan komponen kelistrikan. 

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, sistem kelistrikan mobil ternyata juga bisa mengalami masalah. Berikut tanda-tanda sistem kelistrikan mobil mengalami konsleting

    Tanda-tanda Konslet pada Mobil yang Sering Diabaikan 

    Sebelum terjadi masalah yang fatal, konslet pada sistem kelistrikan mobil ditandai dengan hal-hal yang tak biasa. Berikut beberapa tanda mobil mengalami konsleting yang harus diwaspadai. 

    • Lampu Utama Mobil Redup atau Berkedip-kedip

    Umumnya tanda awal mobil mengalami konsleting dimulai dengan masalah pada bagian lampu. Biasanya cahaya lampu utama akan meredup atau Berkedip-kedip.

    Jika bagian lampu utama meredup sedangkan lampu LED tidak menunjukkan kerusakan, maka kemungkinan besar terjadi konslet pada sistem kelistrikan mobil. 

    • Sekring Mobil Sering Terputus

    Mobil mengalami konsleting juga bisa ditandai dengan seringnya sekring terputus. Fungsi sekring mobil sebenarnya adalah untuk mencegah konsleting pada sistem kelistrikan.

    Ketika sekring sering terputus bisa menjadi salah satu tanda bahwa mobil sedang mengalami konsleting. Untuk memastikannya Anda perlu melakukan pengecekan pada bagian kelistrikan mobil. 

    • Alternator Mengalami Masalah

    Komponen alternator berfungsi sebagai penghasil energi listrik dan bertugas mengisi energi listrik ke aki mobil agar tegangannya tetap stabil. Kerusakan pada komponen alternator dapat menyebabkan konslet yang ditandai dengan arus listrik yang tidak stabil. 

    Alternator Mengalami MasalahFreepik.com

    Arus listrik yang tidak stabil membuat performa mesin menurun sehingga mengganggu beberapa fungsi pada komponen mobil. 

    • Mobil Sulit Dinyalakan

    Konslet pada mobil juga sering ditandai dengan sulitnya menyalakan mesin. Ketika terjadi masalah pada sistem kelistrikan maka starter mobil tidak akan berfungsi dengan baik bahkan mati total dan tidak bisa dihidupkan sama sekali. 

    Untuk menanganinya Anda harus memanggil teknisi/montir bengkel agar starter mobil kembali berfungsi seperti sedia kala. 

    • Arus Listrik pada Mesin Tidak Stabil

    Sebelum terjadi masalah yang lebih fatal, tanda konsleting pada mobil diawali dengan arus listrik yang tidak stabil. Anda dapat mengeceknya dengan menyalakan fitur multimedia seperti audio dan video. 

    Selain terjadi masalah pada fitur multimedia, tanda konsleting juga bisa dilihat dari lampu-lampu indikator juga meredup.

    • Terjadi Masalah pada Sistem Pengereman

    Sebagian mobil keluaran terbaru sudah menggunakan kelistrikan untuk mengoptimalkan dan mengontrol sistem pengereman. 

    Jika pengemudi kesulitan menggunakan rem atau terdengar suara-suara aneh ketika proses pengereman, maka dapat menjadi pertanda bahwa sistem kelistrikan mobil sedang bermasalah. 

    Cara mengatasinya yaitu dengan mengecek bagian sensor dan kabel yang tersambung dengan sistem pengereman. Lalu pastikan sistem ABS berfungsi dengan semestinya untuk memastikan kondisi kelistrikan mobil.

    • Performa Mesin Menurun

    Masalah pada kelistrikan mobil juga sering kali ditandai dengan menurunnya performa mesin secara keseluruhan. Saat digas mobil terasa lebih lambat dari biasanya karena mengalami penurunan daya. 

    Masalah ini dapat diatasi dengan mengecek bagian sistem pengapian untuk memeriksa apakah ada bagian/komponen yang perlu diganti. Setelah itu pastikan sensor-sensor pada mobil tidak bermasalah dan berfungsi dengan baik. 

    Konslet pada mobil dapat menjadi masalah yang serius dan berdampak fatal jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat. 

    Jika mobil Anda mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya segera lakukan pengecekan secara menyeluruh ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapat penanganan yang tepat.