Berita

    Simak Waktu Terbaik Mengisi Angin Ban Mobil

    Tekanan angin pada ban mobil ternyata memiliki pengaruh besar dalam kenyamanan berkendara. Pastikan Anda memperhatikan hal ini agar bisa selalu berkendara dengan nyaman dan aman. Anda juga harus tahu kapan pilihan waktu yang tepat untuk mengisi angin ban mobil agar tidak terlambat dan performa mobil tetap terjaga. 

    Waktu Terbaik Mengisi Angin Ban Mobil

    Ternyata pengisian angin pada ban mobil tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Selain harus memperhatikan tekanan yang diberikan, pengisian angin juga harus memilih waktu yang tepat. Jika dilakukan di waktu yang tepat maka tekanan angin yang diterima bisa optimal dan meningkatkan performa ban. 

    Waktu tepat mengisi angin ban mobil adalah di saat kondisi ban masih dingin. Misalnya saja sebelum mobil digunakan berkendara sehingga suhu ban masih rendah atau dingin. Bisa juga dilakukan ketika mobil sudah cukup lama beristirahat setelah digunakan bepergian. 

    Sayangnya, banyak orang terbiasa mengisi angin untuk ban di tengah-tengah perjalanan. Secara otomatis suhu ban masih terlalu tinggi karena tidak didiamkan terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk mengistirahatkan mobil paling tidak selama 2 jam sebelum dilakukan pengisian angin pada ban.

    Mengapa tidak disarankan untuk mengisi angin saat kondisi ban panas? Saat ban dalam kondisi panas, tekanan udara di dalam ban bisa meningkat dan terjadilah pemuaian. Hal ini kemudian memicu bacaan alat tekanan angin ban akan salah dan ban bisa mengempis jika sudah mencapai suhu normal. 

    Pengecekan Tekanan Ban

    Selain memahami waktu tepat mengisi angin ban mobil yang paling disarankan, Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengecek tekanan ban. Tekanan pada ban sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara dan performa mobil secara menyeluruh. Penting sekali untuk mengecek tekanan pada ban ini secara berkala. 

    Jangka waktu ideal pemeriksaan tekanan pada ban mobil adalah dua minggu. Setiap dua minggu sekali Anda disarankan untuk mengecek tekanan ban. Jika sulit, maka lakukan saja pengecekan selambat-lambatnya satu bulan sekali. 

    Namun tidak disarankan untuk melakukan pengecekan tekanan lebih dari satu bulan. Ini adalah sebuah kebiasaan buruk yang sebaiknya dihilangkan jika ingin mobil selalu dalam performa terbaik. Jangan sampai ban dan mobil Anda mengalami kendala hanya karena tidak disiplin melakukan pengecekan tekanan.

    Jika ban mobil mendapatkan tekanan yang sesuai, maka performanya juga pasti akan jauh lebih baik. Ini juga merupakan sebuah langkah tepat untuk membantu ban mobil Anda tetap awet digunakan. 

    Akibat Tekanan Angin Tidak Sesuai