Berita

    Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh Agar Aman

    Untuk beberapa keperluan, mungkin Anda perlu menempuh perjalanan jauh dengan memakai mobil. Supaya perjalanan menjadi nyaman dan aman, terdapat berbagai tips berkendara mobil jarak jauh yang bisa Anda ikuti.

    Berbagai hal memang perlu diperhatikan, mulai dari memastikan kondisi mobil hingga berbagai aspek kenyamanan supaya tidak bosan di perjalanan yang panjang.

    Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh

    Hal-hal berikut ini bisa diperhatikan untuk perjalanan jauh Anda, pastikan perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman hingga sampai di tujuan.

    • Pastikan Mengecek Kondisi Mobil Anda

    Hal pertama dan utama yang perlu Anda lakukan sebelum berkendara jarak jauh adalah kondisi kendaraan Anda. Pastikan mobil Anda berada dalam keadaan baik dan siap untuk diajak berkendara dalam waktu dan jarak tempuh yang panjang.

    Berbagai komponen perlu Anda cek terlebih dahulu, seperti busi, oli, AC, filter dan selang bensin, air radiator, aki, saringan udara, wiper, lampu, ban, rem, serta timing belt.

    Hal-hal tersebut perlu diperhatikan, supaya tidak ada kendala di perjalanan, misalnya mobil mogok dan sebagainya.

    • Siapkan Kondisi Tubuh yang Prima

    Selain kondisi kendaraan, kondisi pengemudi dan penumpang juga perlu dipastikan. Penting untuk menyiapkan kondisi tubuh yang prima, sehingga perjalanan menjadi aman.

    Untuk pengemudi, memastikan kondisi tubuh adalah hal yang wajib untuk perjalanan jarak jauh. Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah beristirahat dengan cukup dan berada dalam kondisi prima.

    Mengemudi dengan jarak jauh dapat membuat Anda cepat lelah atau mengantuk, sehingga sebaiknya Anda persiapkan berbagai antisipasinya.

    • Atur Rencana Terbaik

    Supaya perjalanan bisa optimal, maka penting bagi Anda untuk membuat rencana perjalanan yang baik. Berbagai hal perlu dipersiapkan dan direncanakan, supaya tidak bingung ketika di tengah jalan.

    Pilih rute dengan baik, tentukan juga dimana saja akan berhenti untuk istirahat, makan, isi bahan bakar, beribadah, dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengatur waktu istirahat yang baik bagi pengemudi.

    Penting juga untuk melihat laporan cuaca dari jalan yang akan dilewati, supaya bisa memprediksi keadaan.

    • Pastikan Bahan Bakar Aman

    Bahan bakar perlu dipastikan sebelum memulai perjalanan panjang, pastikan sudah Anda isi dengan penuh. Dengan begitu, Anda bisa memulai perjalanan dengan nyaman tanpa terhambat waktu untuk mengisi bahan bakar.