Berita

    Lampu DRL pada Mobil: Fungsi dan Kegunaannya dalam Berkendara

    Mobil masa kini ditandai dengan fitur lampu DRL mobil sebagai standar kelengkapannya. Keberadaan lampu tersebut pun juga menunjang estetika mobil. Namun, fungsi dari lampu DRL lebih krusial daripada estetika semata.

    Terdapat alasan mengapa mobil keluaran terbaru harus memiliki lampu DRL sebagai standar kelengkapannya. Untuk itu, mari simak pembahasan mengenai fungsi dari jenis lampu mobil satu ini lengkap dengan pengertiannya di bawah ini.

    Apa Itu Lampu DRL Mobil?

    Sebelum membahas mengenai fungsi dan kegunaan lampu DRL dalam berkendara, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu DRL. Lampu Daytime Running Light (DRL) adalah lampu yang didesain khusus agar terus menyala sepanjang mesin mobil hidup.

    Sesuai dengan namanya, lampu ini boleh menyala selama siang hari. Tujuan utama dari pengadaan fitur lampu satu ini adalah keselamatan berkendara. Meski begitu, lampu ini pun dapat membuat tampilan eksterior mobil jadi semakin menarik. 

    Pengadaan lampu DRL berkaitan dengan peraturan mengenai penerangan saat siang hari yang tercantum dalam Peraturan Perundang-Undangan Pasal 107 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Meskipun peraturan tersebut hanya mewajibkan lampu DRL pada sepeda motor, namun produsen mobil kini mengadakan lampu DRL pada setiap mobil keluaran terbaru.