Berita

    Jangan Sampai Salah! Berikut Tips Memilih Sabun Cuci Mobil

    Mencuci mobil bukan sekadar mengguyurnya dengan air lalu dilap hingga kering melainkan harus menggunakan sabun cuci mobil yang tepat. Pasalnya, zat dan kandungan yang ada pada sabun tersebut belum tentu cocok untuk bodi mobil Anda. 

    Salah dalam memilih jenis sabun akan membuat cat mobil menjadi kusam atau bahkan terkikis. Lalu, jenis sabun seperti apa yang aman digunakan untuk mencuci mobil? Berikut tipsnya!

    Bagaimana Memilih Sabun Cuci Mobil yang Aman?  

    Mencuci mobil secara rutin merupakan salah satu cara dalam merawat kendaraan agar tetap bersih dan mengkilap. Saat mencuci mobil, usahakan untuk menggunakan sabun atau shampo khusus yang sesuai dan aman untuk diaplikasikan pada mobil Anda. 

    Banyaknya jenis dan merek sabun cuci khusus untuk mobil tak ayal membuat siapapun ragu untuk memilih. Jika hal ini terjadi pada Anda, simak tips dalam memilih jenis sabun cuci khusus mobil yang tepat dan aman berikut ini. 

    • Perhatikan Zat dan Kandungannya

    Tips memilih sabun cuci mobil yang pertama adalah harus memperhatikan zat dan kandungan yang ada pada sabun cuci khusus mobil tersebut. Sabun untuk mobil yang baik adalah yang berisi kandungan berikut ini: 

            1. PH Balanced

    Dalam memilih sabun untuk mobil sebaiknya pilih yang mengandung pH seimbang (pH balanced) atau pH 7 serta brightening agent. 

    Fungsinya adalah untuk mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil sekaligus mampu mengkilapkan cat mobil. 

    Apabila menggunakan sabun dengan pH rendah, kendaraan akan mudah korosi. Sebab, pH rendah yang bersifat asam tidak cocok untuk bodi mobil yang terbuat dari bahan material logam dan metal. 

            2. Organik

    Sabun khusus mobil yang aman adalah yang terbuat dari bahan alami (organik). Selain itu, pastikan sabun tersebut tidak mengandung silicone dan deterjen. 

    Sebab, silicone akan membuat cat mobil cepat memudar dan mudah kusam sedangkan deterjen bisa merusak cat serta menghilangkan wax yang ada pada cat mobil. 

            3. Brightening Agent dan Wax

    Kandungan lain yang harus ada pada sabun selain hP balanced adalah brightening agent dan wax. Kedua kandungan ini membuat mobil terlihat lebih mengkilap dan awet setelah dicuci. 

    • Perhatikan Tingkat Kelicinan Sabun Cuci Mobil