Berita

    Kenali Komponen Dari Knalpot Mobil dan Fungsinya

    Knalpot mobil atau yang biasa juga disebut exhaust system adalah komponen yang penting pada mobil. Para pengguna mobil tentu familiar dengan komponen ini karena bisa terlihat dan gelegar suara mobil terbentuk dari piranti ini.

    Bentuk knalpot seperti pipa untuk mengeluarkan asap atau sisa pembuangan gas. Dalam perkembangan teknologi yang digerakan oleh inovasi, mobil-mobil yang diproduksi selama belakangan, dilengkapi dengan teknologi yang dapat membuat hasil pembuangan gas bakar mobil menjadi lebih ramah lingkungan.

    Bicara soal fungsi, knalpot adalah piranti yang tidak hanya bertugas membuang gas buang tetapi juga meningkatkan tenaga mesin dengan cara meredam suara ledakan yang ditimbulkan akibat dari hasil pembakaran. Selain itu, knalpot juga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.

     

    Sebagai part yang penting dan memiliki sejumlah tugas vital dalam mendukung performa dan efisien mobil, pemilik mobil harus mengenal knalpot dengan dengan baik. Berikut bagian-bagian yang ada dalam knalpot sebuah mobil.

    1. Exhaust Manifold

    Exhaust manifold merupakan bagian pertama pada knalpot. Komponen ini juga sering disebut bagian kepala knalpot. Ia memiliki fungsi untuk menampung sisa gas pembakaran di ruang bakar mesin, dan secara mekanis akan melepaskannya melalui sirkuit knalpot.

    Hal ini berlangsung berulang secara terus menerus selama proses pembakaran dalam mesin berlangsung. Setelah membuang sisa gas pembakaran, ia akan kembali mengumpulkan gas sisa pembakaran selanjutnya.

    2. Exhaust Pipe

    Part exhaust manifold, meneruskan kerja dari exhaust manifold, dimana gas sisa pembakaran akan dialirkan menuju ke dalam exhaust pipe atau pipa gas buang. Exhaust pipe bertugas sebagai penghubung antara exhaust manifold dengan setiap bagian knalpot lainnya, untuk kelancaran pembuangan gas sisa pembakaran.

    Dalam kerjanya, Exhaust pipe terhubung dengan catalytic converter yang menyaring zat-zat berbahaya sebelum dilepaskan ke udara bebas, sehingga tidak terlalu beresiko bagi lingkungan.

    3. Catalytic Converter

    Komponen Catalytic converter, sangat penting dari rangkaian knalpot.  Ia dianggap penting karena ditempatkan sebagai filter yang berfungsi menyaring zat-zat berbahaya dari gas buang agar nantinya tidak menjadi polusi udara yang membahayakan makhluk hidup.

    Hasil pembakaran dalam ruang mesin diketahui mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan karena sifat polutifnya. Zat-zat berbahaya pada gas buang mobil yang disaring oleh catalytic converter di antaranya adalah karbon monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx).