Kenali Komponen Dari Knalpot Mobil dan Fungsinya
Knalpot mobil atau yang biasa juga disebut exhaust system adalah komponen yang penting pada mobil. Para pengguna mobil tentu familiar dengan komponen ini karena bisa terlihat dan gelegar suara mobil terbentuk dari piranti ini.
Bentuk knalpot seperti pipa untuk mengeluarkan asap atau sisa pembuangan gas. Dalam perkembangan teknologi yang digerakan oleh inovasi, mobil-mobil yang diproduksi selama belakangan, dilengkapi dengan teknologi yang dapat membuat hasil pembuangan gas bakar mobil menjadi lebih ramah lingkungan.
Bicara soal fungsi, knalpot adalah piranti yang tidak hanya bertugas membuang gas buang tetapi juga meningkatkan tenaga mesin dengan cara meredam suara ledakan yang ditimbulkan akibat dari hasil pembakaran. Selain itu, knalpot juga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.
Sebagai part yang penting dan memiliki sejumlah tugas vital dalam mendukung performa dan efisien mobil, pemilik mobil harus mengenal knalpot dengan dengan baik. Berikut bagian-bagian yang ada dalam knalpot sebuah mobil.
1. Exhaust Manifold
Exhaust manifold merupakan bagian pertama pada knalpot. Komponen ini juga sering disebut bagian kepala knalpot. Ia memiliki fungsi untuk menampung sisa gas pembakaran di ruang bakar mesin, dan secara mekanis akan melepaskannya melalui sirkuit knalpot.
Hal ini berlangsung berulang secara terus menerus selama proses pembakaran dalam mesin berlangsung. Setelah membuang sisa gas pembakaran, ia akan kembali mengumpulkan gas sisa pembakaran selanjutnya.
2. Exhaust Pipe
Part exhaust manifold, meneruskan kerja dari exhaust manifold, dimana gas sisa pembakaran akan dialirkan menuju ke dalam exhaust pipe atau pipa gas buang. Exhaust pipe bertugas sebagai penghubung antara exhaust manifold dengan setiap bagian knalpot lainnya, untuk kelancaran pembuangan gas sisa pembakaran.
Dalam kerjanya, Exhaust pipe terhubung dengan catalytic converter yang menyaring zat-zat berbahaya sebelum dilepaskan ke udara bebas, sehingga tidak terlalu beresiko bagi lingkungan.
3. Catalytic Converter
Komponen Catalytic converter, sangat penting dari rangkaian knalpot. Ia dianggap penting karena ditempatkan sebagai filter yang berfungsi menyaring zat-zat berbahaya dari gas buang agar nantinya tidak menjadi polusi udara yang membahayakan makhluk hidup.
Hasil pembakaran dalam ruang mesin diketahui mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan karena sifat polutifnya. Zat-zat berbahaya pada gas buang mobil yang disaring oleh catalytic converter di antaranya adalah karbon monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx).
4. Resonator
Bagian knalpot selanjutnya adalah bagian resonator. Resonator pada knalpot berfungsi untuk meredam suara ledakan gas buang yang dikeluarkan melalui knalpot. Resonator knalpot memberikan kenyamanan pengguna kendaraan mobil jadi lebih baik, terutama jika mobil digunakan sehari hari.
Resonator penting karena dapat meredam suara, maka jika dihilangkan kendaraan akan menghasilkan suara yang lebih menggelegar dan berisik setiap kali pengemudi menekan gas lebih dalam.
Resonator biasanya dipasang di bagian belakang dekat muffler atau belakang catalytic converter. Ada pula yang dipasang di bagian dekat dengan header atau depan catalytic converter. Tak hanya berfungsi menciptakan back pressure pada gas buang. Ia juga berfungsi melancarkan proses pembuangan gas buang.
5. Muffler
Muffler memiliki fungsi yang hampir sama dengan resonator. Tetapi muffler hanya memiliki satu fungsi utama yaitu untuk meredam suara ketika gas buang dikeluarkan. Jika mobil tidak dilengkapi dengan muffler, pastinya knalpot mobil tersebut akan berbunyi nyaring dan berisik sehingga akan mengganggu pengguna jalan lain atau masyarakat.
Muffler berbentuk seperti tabung berukuran cukup besar yang berada di bagian belakang knalpot mobil. Ia bertugas sebagai peredam suara dari gas buang sebelum dikeluarkan melalui exhaust tip.
Lazimnya, suhu dan tekanan yang tinggi saat pembakaran membuat udara gas buang mengembang cukup cepat sehingga menghasilkan suara yang keras sampai ke bagian muffler. Di bagian muffler inilah, terdapat sekat dan pipa jalur gas buang yang berliku untuk memutar udara gas buang saat masuk ke dalam, sehingga meredam suara kencang knalpot.
6. Tailpipe
Rangkaian terakhir dari komponen knalpot adalah tailpipe yang disebut juga sebagai muffler tip. Pada bagian ini proses pembuangan gas buang mobil berakhir dan dilepas ke udara bebas.
Muffler tip memang hanya berfungsi untuk memperindah tampilan mobil saja atau sebagai aksesoris pemanis tambahan knalpot mobil yang membuat tampilan mobil lebih keren. Tetapi pada beberapa model tailpipe ada juga yang di desain untuk menyaring gas buang.
Setelah mengetahui part-part komponen dalam knalpot, pengguna mobil juga diharapkan agar memilih knalpot yang sesuai dengan aturan lalu lintas di jalan. Hal ini perlu diperhatikan karena suara dari kendaraan yang menggunakan knalpot racing dengan suara yang menggelegar di jalan dapat mengganggu pengguna jalan lain dan bisa dikenakan sanksi berupa tilang dan sebagainya.
Nah, itulah tadi enam komponen knalpot pada mobil .Jika ada salah satu komponen yang rusak, maka knalpot tidak akan maksimal. Untuk itu, kalian bisa rutin melakukan servis dan pengecekan mobil di bengkel Suzuki terdekat. Kunjungi Dealer Suzuki Trimitra Sejahtera Mobilindo & booking jadwal service sekarang juga serta dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Suzuki terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual yang lainnya.