Berita

    Mengenal Kampas Kopling Mobil: Cara Merawatnya Demi Kenyamanan Berkendara

    Bagi Anda yang memiliki mobil transmisi manual, tentu sudah familiar dengan komponen kopling mobil. Komponen yang sejajar dengan rem dan pedal gas tersebut berfungsi sangat vital, terlebih komponen pendukungnya yaitu kampas kopling mobil.

    Fungsi kopling mobil adalah menjadi penghubung gigi transmisi dan poros engkol roda belakang. Tujuannya adalah untuk menggerakkan kendaraan mobil Anda. Di dalam kopling terdapat kampas kopling yang menjadi penentu gerakan halus atau tidaknya sebuah kopling.

    Karena perannya yang sangat vital membuat Anda wajib mengenal secara singkat apa komponen tersebut dan mengerti cara merawat kampas kopling. Agar lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini!

    Apa Itu Kampas Kopling Mobil?

    Kampas kopling adalah sebuah komponen yang bekerja untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke transmisi gigi. Bentuknya kampas kopling adalah seperti piringan yang juga disebut sebagai clutch disc.

    Sebagai komponen penunjang agar mobil Anda dapat berjalan menjadikan komponen satu itu penting sekali. Karena memiliki peran yang cukup vital, yaitu sebagai pemindah daya membuat Anda harus merawat komponen satu ini dengan baik.

    Apabila terjadi kerusakan atau kopling mobil yang aus maka sudah pasti mobil Anda tidak dapat digerakkan. Maka dari itu, sebelum kampas kopling habis atau aus, Anda wajib merawatnya sejak dini dan rutin!

    4 Cara Merawat Kampas Kopling

    Terdapat beberapa cara mudah yang wajib Anda lakukan apabila ingin merawat kampas kopling dengan baik. Tujuannya adalah agar komponen kopling mobil Anda dapat terjaga dan terus menunjukkan performa yang baik. Berikut ini 4 cara merawat kampas kopling yang tepat:

            1. Kaki Jangan Di Atas Kopling Terus-Menerus

    Cara pertama yang dapat merawat komponen kampas kopling adalah tidak meletakkan kaki terus menerus di atas pedal kopling. Mungkin ini terlihat sepele, namun ternyata efektif. Alasannya, jika kaki Anda di atas kopling terus maka otomatis piringan kopling menjadi cepat lemah.

    Sehingga, sangat dianjurkan Anda tidak terus menerus menaruh kaki Anda di atas kopling. Ketika selesai melakukan pergantian transmisi, sebaiknya kaki Anda diletakkan di bawah dan menggunakan kopling jika dibutuhkan.

            2. Mobil Jangan Ditahan dengan Setengah Kopling

    Merawat kampas kopling juga dapat dengan cara tidak menahan pedal kopling menjadi setengah. Biasanya, Anda melakukan hal ini ketika menggerakan mobil menanjak. Jika Anda melakukannya sekali atau dua kali, tidak masalah. Akan jadi masalah jika Anda sering melakukannya.