Berita

    Rawan Meledak! Jangan Simpan Barang Ini di Laci Mobil Anda

    Pengguna mobil cenderung menganggap bahwa laci-laci yang tersedia di dalam mobil merupakan tempat aman untuk menyimpan berbagai barang. Alasannya pasti karena mobil itu tertutup dan dikunci dari luar, sehingga tidak akan menimbulkan masalah. Pabrikan mobil saat ini, memang banyak menyediakan laci atau tempat penyimpanan barang agar memudahkan pengemudi dan penumpang aman menyimpan barang bawaannya. Namun hal itu, tak sepenuhnya menjamin keamanan. 

    Berkaitan dengan keamanan barang dan keselamatan mobil, pengguna roda empat harus memperhatikan bahwa ada barang-barang tertentu yang tidak aman berada di laci atau kotak penyimpanan kabin. Apalagi buat mereka yang sering menaruh barang di laci yang terletak di dashboard.

    Lalu barang apa saja yang berbahaya jika diletakan dalam laci mobil? Berikut jenis barang yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama di laci dashboard mobil Anda.

    1. Korek Api Gas

    Jangan pernah menyimpan korek gas dalam laci dashboard mobil Anda. Gas atau cairan dalam korek api sangat berbahaya karena rentan terbakar atau meledak, jika suhu atau temperatur mobil meningkat karena diparkir di bawah terik matahari.

    Benda kecil ini sangat berbahaya, karena itu jika keluar dari mobil periksa laci mobil Anda, agar tidak sampai meninggalkan korek gas. Sejumlah literatur mengungkap bahwa tekanan gas pada korek api ini, bisa meningkat dengan cepat dibawa panas dan bisa melelehkan laci yang berbahan plastik.

     2. Cairan Kimia

    Cairan yang rentan terbakar dan memicu api tidak boleh diletakan di laci mobil Anda. Sama seperti korek api gas. Cairan dengan kandungan zat kimia tertentu yang rentan terhadap panas sangat berbahaya, jika ditinggalkan di laci mobil. Perlu diingat bahwa cairan yang mudah terbakar seperti thinner, cairan pelarut cat kuku dan lainnya, yang mengandung bahan kimia harus diamankan pada saat meninggalkan mobil yang terparkir

    3. Ponsel atau Smartphone

    Smartphone juga termasuk benda yang berbahaya, jika ditinggalkan dalam mobil. Apalagi di laci dashboard yang ada tepat di bawah kaca depan mobil. Tak hanya menarik perhatian pencuri. Ponsel pintar yang memiliki baterai juga rentan meledak, jika temperatur mobil sangat panas. Karena itu, sebaiknya smartphone dibawa saat meninggalkan mobil. Apalagi saat ini, hampir semua data penting seperti kotak dan data pekerjaan bisa disimpan di memori smartphone. Kerusakan karena meledak atau kehilangan ponsel akan sangat merepotkan.

    4. Kaleng Aerosol